News

Dua Ponsel Misterius Realme Siap Edar di RI

Indonesia tampaknya akan kembali kedatangan sejumlah produk terbaru buatan Realme dalam waktu dekat. Sebab saat ini sudah ada beberapa ponsel misterius Realme yang terlihat di situs TKDN dan Postel.

Baru-baru ini, pihak Realme Indonesia memberikan bocoran mengenai perangkat barunya yang akan datang dengan membagikan lima poster berisi gambar render melalui Instagram. Salah satunya adalah Realme C35 yang kini telah resmi dirilis.

Dari penelusuran Hallo GSM, tiga diantaranya telah mengantongi sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kemenperin dan Postel Ditjen SDPPI. Dimana kedua sertifikasi tersebut merupakan syarat wajib bagi setiap perangkat untuk mendapat izin edar di Indonesia.

Sertifikasi Postel Tiga Smartphone Realme dan Pad Mini. (SS)

Dengan ini, besar kemungkinan perangkat tersebut akan segera diresmikan dalam waktu dekat. Lantas, smartphone Realme apa saja yang akan hadir?

Realme RMX3561

Setelah Realme C35, smartphone yang akan hadir di pasar Tanah Air adalah Realme RMX3561. Perangkat ini telah lolos sertifikasi TKDN dengan nomor 528/SJ-IND.8/TKDN/3/2022.

Ponsel dengan nomor model yang sama juga telah mendapat sertifikat Postel, sayang nama perangkat ini masih menjadi misterius.

Namun, dari bocoran yang beredar, perangkat dengan nomor model RMX3561 diyakini sebagai Realme GT Neo 3

. Smartphone ini sebelumnya telah dirilis di Cina dengan desain klasik yang terinspirasi dari mobil balap, Le Mans. GT Neo 3 dibanderol mulai dari 1.999 Yuan (Rp 4,5 jutaan).

Realme RMX3521

Kemudian, ponsel misterius Realme yang berikutnya adalah RMX3521. Handset terdaftar di situs TKDN dengan nomor sertifikat 430/SJ-IND.8/TKDN/3/2022 di tanggal yang sama dengan perangkat sebelumnya.

RMX3521 juga telah mengantongi sertifikasi postel. Namun, sampai saat ini perusahaan juga masih belum mengkonfirmasi nama perangkat tersebut.

Setelah ditelusuri dari berbagai sumber, Realme RMX3521 merupakan nomor model milik Realme 9 4G. Keluarga Realme 9

ini disebutkan akan tiba dengan pengaturan tiga kamera yang dipimpin oleh sensor utama 108MP. Selain itu, kameranya juga dipastikan akan memiliki 9x akurasi fokus.

Di sisi lain, HP Realme 9 4G telah dikonfirmasi akan diresmikan di India pada 7 April mendatang.

Realme Pad Mini

Selain smartphone, perusahaan juga akan menghadirkan sebuah tablet mini yang diketahui merupakan tablet mini pertama dari brand Realme. Perangkat dipajang di situs Postel dengan nomor sertifikat 80628/SDPPI/2022.

Berbeda dengan dua perangkat di atas, Realme Pad Mini yang memiliki nomor model RMP2106 belum mendapat izin dari situs TKDN. Kemungkinan, saat ini masih dalam proses pengajuan.

Sebuah gambar render memperlihatkan bahwa tablet mini ini akan tiba dengan kamera belakang tunggal beresolusi 8.0 MP. Sama seperti Realme Pad, versi mini-nya juga tidak dilengkapi dengan LED Flash.

BACA JUGA: Harga Baru Realme C25Y di Indonesia, Kini Cuma Sejutaan

Sampai detik ini, Realme Indonesia masih bungkam mengenai tanggal rilisnya. Untuk itu, nantikan update informasi selanjutnya, ya! stay tuned!