News

Realme 12X Meluncur dengan Layar 6,67 Inci dan Kamera 50MP

Realme baru-baru ini menambah jajaran seri 12 dengan menghadirkan model baru yang diberi nama Realme 12X. Ya, ini merupakan penerus Realme 11X yang dirilis pasa Agustus tahun lalu.

Dilihat dari desainnya, model baru ini sedikit berbeda dengan pendahulunya. Perbedaan utama ada pada desain panel belakangnya.

12X memiliki modul kamera yang diposisikan di bagian tengah atas panel belakang, sedangkan modul kamera pendahulunya ada pada pojok kiri atas perangkat.

Selain desain, spesifikasi yang diusungnya tentu berbeda. Namun, alih-alih membawa peningkatan, justru model baru ini hadir dengan spesifikasi downgrade.

Seperti pada aspek layar, Realme 12X meluncur dengan layar IPS LCD berdiagonal 6,67 inci. Sedikit lebih kecil dari Realme 11X yang memiliki layar 6,72 inci.

Layar model terbaru mendukung refresh rate 120Hz dan kecerahan hingga 625 nits.

Selain layar, penurunan spek juga ada pada aspek kamera. Jika sebelumnya Realme 11X memiliki kamera utama 64MP, kamera utama pada model baru dipangkas menjadi 50MP.

Tak hanya itu, kamera depannya juga beresolusi lebih kecil, yakni 8MP dari 16MP yang ada pada Realme 11X.

Selain dari dua aspek tersebut, spesifikasi yang diusung 12X masih sama dengan pendahulunya.

Untuk performa, perusahaan membekali smartphone Realme baru ini dengan chipset Mediatek Dimensity 6100+ yang dibangun dengan fabrikasi 6nm.

Kinerjanya dipadukan dengan RAM 12GB yang bisa digandakan dengan fitur Virtual RAM.

Perihal software alias perangkat lunak, 12X beroperasi pada OS Android 14 yang dilapisi antarmuka Realme UI 5.0.

Perangkat ini diberi daya oleh baterai berkapasitas 5000mAh yang mendukung pengisian cepat 15W. Mengingat kembali, pendahulunya yang diberi daya oleh baterai yang sama namun didukung dengan pengisian cepat 33W.

Untuk keamanan, 12X dibekali dengan sensor sidik jari yang dipasang di samping. Perangkat telah mengantongi rating IP54 yang berarti bahwa perangkat memiliki ketahanan terhadap cipratan air dan debu.

BACA JUGA: Kantongi Sertifikasi, Oppo A60 Bakal Hadir di Indonesia

Perihal harga, Realme 12X dengan varian warna Bluebird dan Black Giok ini dijual di Cina dengan banderol mulai dari 1.399 yuan atau setara dengan Rp 3 jutaan. Saat ini, belum diketahui apakan model baru ini akan hadir di Indonesia atau tidak.