News

Realme 12 5G Debut dengan Kamera 108MP dan Fitur Dynamic Button, Harganya?

Realme 12 5G memulai debutnya di pasar global dengan menyambangi India sebagai negara pertama yang disambanginya.

Ini merupakan model keempat di seri 12 setelah Realme 12+, Pro, dan Pro+ yang telah lebih dulu diluncurkan.

Di India, smartphone ini dijual dengan harga 14.999 rupee (Rp2,8 juta) untuk varian RAM 6GB/12G8B dan 17.999 rupee (Rp3,4 juta) untuk varian RAM 8GB/128GB.

Dengan banderol harga tersebut, smartphone berjaringan 5G ini menawarkan spesifikasi yang mumpuni. Meskipun ada beberapa spesifikasi yang di bawah model lainnya di seri 12, karena ini model reguler.

Mulai dari layar, Realme 12 5G memiliki layar berjenis IPS LCD dengan diagonal 6,72 inci. Layarnya menawarkan resolusi FHD+, refresh rate 120Hz, dan kecerahan maksimum 950 nits.

Perangkat ini memiliki punch hole di bagian tengah atas layarnya yang menampung kamera berkekuatan 8MP untuk menemani selfie maupun video call.

Bicara soal kamera yang menjadi nilai jual utamanya, smartphone Realme yang satu ini dibekali dengan kamera utama 108MP yang menggunakan sensor ISOCELL HM6.

Kamera utama yang mendukung 3x Zoom Portrait Camera itu dipasangkan dengan depth sensor 2MP.

Perihal kinerja, Realme 12 5G ditenagai chipset MediaTek Dimensity 6100+. Perangkat mengemas baterai berkapasitas 5000mAh sebagai sumber dayanya.

Perangkat ini mendukung fitur pengisian cepat 45W. Untuk keamanan, penerus dari Realme 11 5G ini dilengkapi dengan fitur Face Unlock serta sensor sidik jari yang diintegrasikan pada tombol Power.

Model reguler di seri 12 ini menjadi smartphone pertama perusahaan yang dilengkapi fitur bernama Dynamic Button.

Fitur ini ada pada tombol power. Dynamic Button memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi yang sering digunakan, menyalakan senter, membuka kamera, serta mengaktifkan night mode dan silent mode.

Selain itu, Realme 12 5G juga membawa fitur pelengkap lainnya, seperti dual SIM 5G, WiFi 5, Bluetooth 5.2, GPS, jack audio 3.5 mm dan port USB-C.

Sementara soal perangkat lunak, smartphone ini beroperasi pada Android 14 yang dilapisi antarmuka Realme UI 5.0.

Perangkat ini tersedia dalam varian warna Twilight Purple dan Woodland Green.

BACA JUGA: Nothing Phone (2a) Meluncur, Kelas Menengah dengan Spek Premium

Kabar baiknya, Realme 12 5G Indonesia tampaknya akan segera diboyong ke Indonesia, karena telah terdaftar di dua situs sertifikasi penting TKDN dan Postel.