Tips & Trik

Cara VN di Telegram dengan Mudah dan Praktis, Begini Langkahnya

Pengguna setia Telegram perlu mengetahui cara VN di Telegram. Dengan VN atau Voice Note, mengirim pesan bisa lebih cepat dan praktis.

Hampir semua pengguna platform chatting mengetahui fitur vn, bahkan sering menggunakannya dalam aktivitas berkirim pesan online.

Fitur ini sudah ada pada berbagai platform chatting, termasuk Telegram.

Seperti yang kita tahu, belakangan ini banyak pengguna gadget yang menggunakan Telegram. Bukan hanya untuk berkirim pesan, namun Telegram juga biasa digunakan untuk mencari informasi, hingga mencari hiburan.

Banyak fitur yang ditawarkan oleh platform ini. Diantara fitur yang ditawarkannya adalah voice note yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dalam format suara.

Adanya fitur ini sangat membantu para penggunanya untuk mengirim pesan dengan mudah dan cepat tanpa perlu repot mengetik.

Ketika darurat, fitur ini sangat bisa diandalkan. Pengguna hanya perlu merekam suara, kemudian mengirimkannya langsung ke pengguna Telegram yang dituju.

Caranya juga sangat mudah, karena langkahnya sederhana. Jika kamu belum pernah mencobanya, tenang saja, karena di bawah ini Hallo GSM telah menyajikan tutorial lengkapnya.

Cara VN di Telegram

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengirim voice note di Telegram. Simak dan ikuti langkah-langkahnya hingga tuntas, ya

!

Buka Telegram

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah membuka Telegram di perangkat yang kamu gunakan.

Pada tutorial kali ini, kami menggunakan aplikasi Telegram di smartphone.

Pastikan kamu sudah mendaftar akun Telegram. Jika sudah berhasil masuk, klik salah satu chat dengan pengguna lain yang akan kamu kirimi voice note. Baik itu chat personal atau chat dengan grup.

Klik Ikon – Cara VN di Telegram

Setelah halaman chat muncul, perhatikan ikon yang ada di pojok kanan bawah. Klik ikon tersebut untuk menampilkan ikon mikrofon.

Jika ikon mikrofon telah tampil, tekan dan tahan ikon tersebut. Nantinya, akan ada popup perizinan. Beri izin Telegram untuk mengakses audio.

Lakukan Perekaman Suara

Setelah itu, tekan kembali ikon mikrofon yang ada di pojok kanan bawah ruang chat. Pada waktu yang sama, mikrofon HP aktif dan perekaman dimulai.

Pada waktu tersebut, silahkan rekam suara pesan yang ingin kamu sampaikan ke pengguna tersebut sambil tetap menekan ikon mikrofon.

Lepaskan ikon tersebut jika sudah selesai merekam. Dan voice note yang kamu buat otomatis dikirimkan ke pengguna.

Dalam proses perekaman ketika menekan ikon mikrofon, kamu bisa mengunci ikon mic agar tidak perlu menekan ikon selama perekaman dengan menggeser ikon mik ke ikon gembok.

Setelah itu, kamu bisa merekam dengan bebas tanpa ribet.

Dalam hal pembuatan vn, kamu juga bisa membatalkan pengiriman vn dengan mengklik Batal. Dengan begitu, rekaman akan terhapus dan tidak dikirimkan ke pengguna yang dituju.

BACA JUGA: Cara Memindahkan Lagu ke Kartu SD HP Realme dengan Berbagai Metode Mudah

Nah, itu dia cara untuk VN di Telegram. Mudah dan praktis, bukan? Selamat mencoba dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.