Tips & Trik

Cara Translate Pakai Kamera HP Android Tanpa Perlu Buka Google Translate, Jauh Lebih Praktis!

Tahukah kamu? Selain menerjemahkan dengan cara biasa menggunakan Google Translate, ada cara translate pakai kamera yang jauh lebih praktis, lho.

Hanya dengan membuka menu, lalu mengaktifkan kamera HP, kamu sudah bisa menerjemahkan bahasa dengan mudah.

Google memberikan beragam kemudahan bagi penggunanya, termasuk dalam hal menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa lain.

Kebanyakan pengguna HP Android menggunakan fitur Google Translate untuk menerjemahkan bahasa.

Pengguna perlu membuka Google Search atau Google Chrome terlebih dahulu untuk mengakses fitur Google Translate.

Untuk menerjemahkan misalnya bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, pengguna harus mengetikkan kata, kalimat, atau paragraf terlebih dahulu di kolom yang disediakan.

Setelah itu, baru Google Translate akan mengubahnya ke dalam bahasa Indonesia yang hasilnya ditampilkan di kolom yang ada di bagian samping.

Perlu diketahui, tak hanya Google Translate yang bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa. Google juga telah menghadirkan aplikasi baru, bernama Google Lens yang menyediakan berbagai layanan, termasuk menerjemahkan bahasa.

Aplikasi ini terpasang di HP Android, sehingga lebih mudah untuk mengaksesnya daripada harus membuka Google Translate di Google Search.

Google Lens disebut-sebut sebagai aplikasi aplikasi pencari dunia nyata yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi teks serta objek baik dalam gambar maupun melalui kamera HP.

Dengan image recognition (pengenalan gambar), aplikasi ini mampu memunculkan informasi yang relevan menggunakan analisis berbasis visual.

Penggunaannya sangat mudah dan bisa membuat berbagai aktivitas pencarian menjadi jauh lebih mudah dan praktis.

Untuk menerjemahkan bahasa, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke buku atau papan penunjuk arah, nantinya Google Lens akan menampilkan arti dari tulisan tersebut.

Cara Translate Pakai Kamera

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menerjemahkan melalui kamera HP adalah dengan memastikan bahwa aplikasi Google Lens telah tersedia di HP yang kamu gunakan.

Jika kamu tidak mendapati aplikasi tersebut, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store. Jika aplikasi Google Lens sudah tersedia, berikut ini langkah sederhana yang perlu kamu ikuti.

  • Pertama-tama, buka aplikasi Google Lens di HP kamu.
  • Di halaman utama, kamu akan disuguhkan dengan berbagai fungsi dari Google Lens. Seperti mengidentifikasi gambar screenshot, tanaman, bantuan pekerjaan rumah alias PR, serta menerjemahkan tulisan yang ada di gambar.
  • Untuk menerjemahkan menggunakan kamera, klik ikon kamera yang berada di paling atas.
  • Dengan mengklik ikon kamera, kamera HP kamu otomatis akan diaktifkan.
  • Perhatikan beberapa tab yang ada di bagian bawah layar. Alihkan ke tab Terjemah untuk melakukan transliterasi bahasa.
  • Sesuaikan pengaturan ke bahasa apa teks yang akan kamu translate dengan mengklik Indonesia.
  • Setelah itu, arahkan kamera ke buku, layar perangkat lain, papan penunjuk arah, atau whiteboard/blackboard berisi tulisan atau teks yang ingin kamu translate.
  • Klik ikon kaca pembesar seperti ketika mengambil foto.
  • Nantinya, Google Lens akan menampilkan translate dari tulisan yang terdeteksi.
  • Selesai.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Kamera HP Buram agar Jernih Kembali

Nah, itulah cara translate pakai kamera HP Android menggunakan aplikasi Google Lens. Sangat praktis dan menarik, bukan? Tunggu apa lagi? Sekarang, giliran kamu mempraktikkannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.