Tips & Trik

Cara Terhindar dari Komentar Sorotan di Facebook, Ini Solusinya!

Terganggu dengan notifikasi dari banyak akun yang menyoroti akunmu untuk melihat komentar? Coba cara terhindar dari komentar sorotan di Facebook yang dibahas di artikel ini.

Akhir-akhir ini, banyak pengguna FB yang membuat sorotan di komentar yang membuat pengguna lain ditandai di komentar tersebut.

Bukan menyebut atau men-tag nama akun tertentu, namun komentar @sorotan tersebut menandai banyak akun pengguna lain agar tertaut pada suatu postingan, hingga bisa melihat postingan tersebut.

Hal ini terjadi kebanyakan karena muncul postingan yang berdalih “siapa yang bisa membuat komen @sorotan warna biru, akan mendapat imbalan”, dan dalih lainnya yang serupa.

Dari sana, banyak pengguna FB yang membuat komentar sorotan, sehingga postingan tersebut banyak yang like dan komen @sorotan dan membuat banyak orang ditandai.

Facebook memang memiliki fitur tag atau tanda yang bisa digunakan ketika membuat postingan dan menandai pengguna FB lain.

Fitur tanda tersebut bisa digunakan di kolom komentar postingan. Biasanya, pengguna di kolom komentar menandai pengguna lain dengan mention @sorotan, @semua orang, dan @pengikut.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Pusat Bantuan Bisnis Meta, dengan bantuan komentar sorotan, pengguna bisa mengundang pengguna lain untuk bergabung dalam postingan berbasis komentar yang terfokus.

Dengan begitu, komentar sorotan bisa diandalkan untuk berinteraksi dengan orang yang ditandai, berdiskusi, wawancara, dan lain-lain.

Disamping fungsinya yang bisa meningkatkan pengunjung pada postingan yang dibuat, namun postingan yang hanya ingin memanfaatkan pengguna lain tentu membuat banyak orang terganggu karena terus muncul notifikasi.

Agar terhindar dari komentar yang menyoroti akun FB kamu, kamu bisa menonaktifkan notifikasi mention dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Terhindar dari Komentar Sorotan di Facebook

  • Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya membuka aplikasi Facebook.
  • Pada halaman beranda, klik ikon garis tiga horizontal.
  • Kemudian, klik ikon gerigi di bagian kanan atas layar untuk membuka pengaturan.
  • Setelah masuk ke pengaturan, klik menu Notifikasi.
  • Selanjutnya, klik Tanda.
  • Pada bagian Dapatkan pemberitahuan jika Anda ditandai oleh:, ceklis menu Teman dari teman atau Friends of Friends.
  • Setelah itu, nonaktifkan notifikasi dari komentar @sorotan dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu Mention @semua orang sekaligus.
  • Selesai. Setelah notifikasi mention @semua orang dinonaktifkan, kamu tidak akan lagi menerima notifikasi yang menyoroti akun FB kamu.

BACA JUGA: Cara Membuat Zoom Meeting di HP dan PC untuk Pertemuan Online, Begini Langkahnya

Sekian pembahasan mengenai cara terhindar dari komentar sorotan di Facebook. Semoga artikel ini bermanfaat.