Tips & Trik

Cara Screenshot Samsung Galaxy A03s Praktis Tanpa Menekan Tombol

Cara screenshot Samsung Galaxy A03s sama saja dengan smartphone Samsung lainnya. Menangkap layar atau screenshot pada HP Samsung yang satu ini bisa melalui dua cara.

Cara pertama yang sering digunakan adalah dengan menekan kombinasi tombol Power + Volume Bawah dalam beberapa detik.

Namun, untuk meminimalisir kerusakan tombol dikarenakan seringnya pemakaian, menangkap screenshot bisa dilakukan dengan cara kedua yang praktis tanpa harus menekan tombol fisik.

Sedikit informasi, Samsung Galaxy A03s pertama kali diluncurkan ke Indonesia pada penghujung Agustus tahun lalu.

Salah satu keunggulan yang ditawarkannya yakni dari aspek layar. Suksesor dari Galaxy A02s ini memiliki layar berjenis PLS LCD seluas 6.5 inci.

Layarnya menampilkan desain antarmuka One UI Core 3.0 berbasis OS Android 11. Lantas, bagaimana cara mengambil screenshot (SS) pada Samsung Galaxy A03s tanpa menggunakan tombol? Berikut ulasannya.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A03s

Menu Asisten

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Pengaturan

. Kemudian, ketik ‘Menu Asisten’ pada kolom pencarian.

Setelah itu, klik dan aktifkan Menu Asisten. Nantinya, akan muncul icon lingkaran transparan di samping kanan layar.

Untuk mengambil screenshot, klik icon tersebut, lalu geser ke arah kiri dan pilih Gambar Layar. Kemudian, sistem secara otomatis akan memulai proses pengambilan screenshot.

Ketika proses selesai, biasanya layar akan berkedip disertai dengan bunyi shutter kamera. Hasil tangkapan layar otomatis tersimpan di Galeri.

Usapan Telapak Tangan

Cara kedua untuk screenshot HP Samsung Galaxy A03s tanpa tombol adalah dengan gestur mengusap telapak tangan pada layar.

Fitur ini diberi nama ‘Palm swipe to capture’ yang terbilang eksklusif. Pasalnya, fitur SS ini hanya tersedia pada smartphone dan tablet pabrikan Samsung.

Untuk melakukannya, siapkan tampilan layar yang akan di-screenshot, lalu usap tepi layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Mengusapkan telapak tangan bisa dilakukan dengan cara apapun. Namun, cara yang cukup efektif adalah dengan menggunakan telapak tangan bagian samping yang sejajar dengan jari kelingking.

Fitur ini telah aktif secara bawaan, sehingga pengguna tidak perlu mengaktifkannya terlebih dahulu untuk melakukan screenshot.

Selain dua cara tersebut, menangkap screenshot tanpa tombol juga bisa dilakukan dengan sejumlah aplikasi screenshot yang tersedia di Google Play Store.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung Galaxy A12 yang Paling Mudah

Demikian pembahasan mengenai cara screenshot Samsung A03s. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.