Tips & Trik

Cara Screenshot Panjang Realme Semua Tipe Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara screenshot panjang Realme bisa dibilang sangat mudah dan praktis. Pasalnya, tak perlu repot menginstal aplikasi tambahan apapun.

Screenshot panjang biasanya dilakukan ketika pengguna perlu menangkap tampilan layar dengan menyeluruh dalam sekali screenshot.

Ya, dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu melakukan screenshot berulang kali untuk bisa menyimpan tampilan layar yang memiliki berbagai halaman.

Hasil screenshot panjang otomatis tersimpan di galeri HP dengan utuh tanpa terpotong dan tanpa perlu menggabungkan secara manual.

Ada beberapa cara untuk screenshot. Pastinya, pengguna Realme sudah pernah melakukannya atau bahkan sering.

Pasalnya, fitur screenshot memiliki peran penting dalam membuat aktivitas pengguna jadi lebih praktis.

Dengan screenshot, pengguna bisa dengan mudah mendokumentasikan atau menyimpan informasi atau gambar penting pada penyimpanan HP dalam format gambar.

Untuk menyimpan info atau gambar dalam satu kali screenshot, ikuti tutorialnya.

Cara Screenshot Panjang Realme

Tutorial di bawah ini dipraktikkan pada HP Realme dengan realme UI V4.0. Meski begitu, pengguna HP Realme dengan versi yang berbeda juga bisa mengikutinya mungkin dengan sedikit penyesuaian.

Untuk bisa melakukan screenshot panjang, pastikan kamu menyimak tutorial di bawah ini hingga tuntas, ya

!

4 Metode Screenshot

Membuat screenshot panjang tentunya perlu dilakukan screenshot terlebih dahulu. Dimana, screenshot saat ini setidaknya bisa dilakukan dengan empat metode.

Metode pertama adalah dengan menekan kombinasi tombol. Metode yang paling familiar dan sering digunakan pastinya.

Caranya, posisikan layar pada halaman yang akan di screenshot. Kemudian, tekan dan tahan kombinasi tombol Power dan volume bawah beberapa saat. Setelah itu, layar akan di screenshot dan preview hasilnya akan tampil di bagian samping layar.

Metode kedua, yakni melalui bar notifikasi. Caranya, posisikan layar, kemudian seret bar notifikasi ke bagian bawah hingga beberapa menu tampil.

Klik Cuplikan layar atau Screenshot. Selesai. Screenshot layar dimulai.

Yang ketiga, metodenya adalah menggunakan usapan tiga jari. Usap tiga jari pada layar yang ingin di screenshot. Pastikan fitur screenshot tiga jari pada pengaturan sudah aktif.

Yang terakhir, screenshot dengan bola asisten. Caranya, aktifkan dulu fiturnya dari Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Bola Asisten.

Setelah itu, klik bola asisten dan klik ikon screenshot. Untuk membuat screenshot panjang, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara Screenshot Panjang Realme

Setelah mengambil screenshot dengan salah satu dari empat metode tadi, kamu bisa langsung mengklik tombol Pengguliran, tepat pada saat hasil screenshot muncul.

Kemudian, gulir layar ke atas atau ke bawah untuk menyesuaikan panjang screenshot dengan keinginan.

Jika sudah dirasa cukup, klik tombol Selesai. Tunggu beberapa saat dan hasil screenshot panjang akan tersimpan di galeri HP.

BACA JUGA: Cara Update BRImo ke Versi Terbaru, Begini Langkahnya

Pembahasan mengenai cara screenshot panjang Realme telah dibahas secara lengkap. Terima kasih telah menyimak artikel ini hingga tuntas. Sekarang, giliran kamu mempraktikkannya. Semoga artikel ini bermanfaat.