Tips & Trik

Cara Scan Barcode Maps di Undangan untuk Menampilkan Lokasi

Menerima undangan dan lokasi tempat acara menggunakan barcode atau QR Code? Kamu bisa melihatnya dengan cara scan barcode Maps tersebut.

Jika beberapa waktu lalu lokasi pernikahan atau seminar pada kertas undangan digambarkan dengan denah atau bahkan hanya alamat saja, kini banyak penyelenggara acara yang memilih menggunakan barcode atau QR Code untuk penunjuk lokasi.

Biasanya, kode tersebut ada di bagian akhir undangan. Bentuknya ada yang berupa bar dengan kode batangan berbentuk garis tersusun yang disebut barcode dan ada juga yang berbentuk kotak dua dimensi alias QR Code.

Di dalam barcode dan QR Code terdapat informasi yang bisa dibuka dengan cara melakukan scan atau pemindaian.

Barcode pada mulanya digunakan pada bidang pemasaran. Seiring perkembangan teknologi, kini barcode memiliki tampilan yang lebih ringkas bernama QR Code dan banyak digunakan untuk kepentingan pendidikan, ekonomi, hingga sosial.

Untuk mengakses informasi yang ada didalamnya, kini sudah banyak aplikasi scan barcode yang bisa ditemukan di Google Play Store maupun App Store.

Agar lebih mudah dan praktis, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah ada di HP kamu tanpa perlu download aplikasi pihak ketiga.

Untuk memindai barcode, kamu bisa menggunakan Google Lens yang biasanya sudah ada di smartphone berbasis Android. Caranya juga mudah dan cepat.

Berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial lengkapnya agar kamu bisa lebih mudah ketika akan memindai barcode atau QR Code.

Cara Scan Barcode Maps

Scanning barcode bisa menggunakan aplikasi Google Lens. Aplikasi besutan Google ini merupakan aplikasi pengenalan gambar menggunakan teknologi image recognition.

Google Lens dirancang untuk memunculkan informasi yang relevan menggunakan analisis virtual.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk translate, membeli suatu produk, mengerjakan soal matematika bahkan kimia, dan sebagainya.

Pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke objek yang dituju atau mengupload foto yang tersimpan di galeri. Nantinya, Google Lens akan menampilkan informasi yang sesuai dengan objek.

Untuk memindai barcode melalui aplikasi ini, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Google Lens. Jika belum ada, download
    Google Lens di Play Store atau App Store terlebih dahulu.
  • Pada halaman utama, klik ikon kamera.
  • Beri izin akses kamera dan arahkan kamera ke barcode atau QR Code yang ada di kertas undangan.
  • Klik tombol shutter kamera dengan ikon kaca pembesar untuk melakukan pencarian. Pastikan kamu berada di tab Telusuri.
  • Setelah itu, Google Lens akan melakukan analisis untuk membaca data pada barcode atau QR Code. Beberapa detik kemudian, aplikasi akan menampilkan hasil berupa link.
  • Klik link tersebut. Nantinya, peta lokasi yang dihimpun di dalam barcode atau QR Code yang kamu pindai akan muncul.
  • Selesai.

Adapun, jika kamu menerima undangan digital, cukup screenshot barcode atau QR Code yang berisi lokasi acara dan upload di Google Lens.

Caranya, buka Google Lens dan beri izin aplikasi untuk mengakses penyimpanan. Nantinya, semua foto yang tersimpan di galeri kamu akan muncul.

Pilih foto barcode atau QR Code yang akan kamu scan. Klik ikon kaca pembesar dan aplikasi akan menampilkan link. Klik link tersebut dan peta lokasi akan ditampilkan.

BACA JUGA: Cara Scan di HP Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah Anti Ribet!

Nah, itu dia cara scan barcode Maps untuk menampilkan informasi peta lokasi. Cukup mudah, kan? Selamat mencoba dan semoga membantu.