Cara Reset Mesin Cuci Sharp Agar Kembali Berfungsi Normal

Cara reset mesin cuci Sharp bisa dibilang merupakan senjata paling ampuh yang bisa dicoba oleh pengguna untuk mengatasi error pada tombol Start yang tidak merespon meski sudah ditekan berkali-kali

Mesin cuci merupakan salah satu barang elektronik yang rentang mengalami error. Nah, salah satu cara termudah yang bisa dilakukan agar mesin cuci bisa kembali berfungsi normal ialah dengan melakukan reset.

Namun, jika mesin cuci sama sekali tidak bisa dihidupkan alias sudah berada dalam keadaan mati total, maka mau tidak mau pengguna harus segera membawanya ke tukang service untuk mengetahui penyakitnya.

Kenapa harus dibawa ke tukang service? Sebab, mesin cuci yang berada dalam keadaan mati total tidak akan bisa reset. Lain halnya jika kerusakan hanya terjadi pada tombol Start yang kemungkinan dapat langsung teratasi hanya dengan melakukan reset ringan.

Salah penyebab tombol start pada mesin cuci Sharp tidak berfungsi adalah karena kelebihan beban. Coba keluarkan sebagian cucian yang ada dalam mesin cuci, kemudian tekan kembali tombol Start. Jika masih tidak respon, barulah masuk ke tahap reset.

BACA JUGA: Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Cara Reset Mesin Cuci Sharp

Cara Reset Mesin Cuci Sharp ES F866S B
Cara Reset Mesin Cuci Sharp ES-F866S-B. (IST)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui letak serta fungsi dari masing-masing tombol yang ada di mesin cuci. Untuk itu, pengguna wajib kembali membuka buku panduan.

Apabila buku panduan sudah hilang atau lupa menyimpannya dimana, pengguna bisa mendownload buku panduan digital dalam bentuk PDF dari situs resmi Sharp.

  • Matikan mesin cuci dan cabut kabel power dari stop kontak, setelah itu diamkan selama 5-10 menit untuk mendinginkan mesin.
  • Kemudian colokan kembali kabel power dan hidupkan mesin cuci. Jangan terburu-buru menekan tombol Start, tunggu hingga mesin cuci menyala dengan sempurna.
  • Tekan tombol Start. Jika lampu indikator menyala dan muncul bunyi pada mesin, itu artinya tombol Start masih berfungsi.
  • Sebaliknya, jika setelah tombol Start ditekan lampu indikator tetap mati serta tidak terdengar bunyi apapun, coba tekan tombol Micom dan Triac.
  • Apabila kedua tombol tersebut merespon tapi lampu indikator berkedip atau menyala secara tidak wajar, maka itu artinya mesin cuci memang benar-benar minta di reset.
  • Untuk melakukan cara reset mesin cuci Sharp ini, pengguna harus menekan Tombol Power + Tombol Proses + Tombol Start + Level Air secara bersamaan.
  • Nantinya, semua lampu indikator yang ada pada mesin cuci ada berkedip secara bersamaan. Hal tersebut menunjukan bahwa proses reset telah berhasil.
  • Matikan kembali mesin cuci dan cabut kabel powernya, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu barulah hidupkan kembali mesin cuci.
  • Tunggu beberapa saat, kemudian klik tombol Start. Apabila setelah tombol tersebut ditekan dan mesin langsung berputar, itu artinya tombol Start sudah kembali berfungsi dengan normal.

Tak sedikit pengguna yang beranggapan bahwa menekan semua tombol yang pada mesin secara bersamaan bisa membuat mesin cuci kembali berfungsi normal.

Padahal itu adalah salah besar, sebab jika tombol ditekan sembarangan hal ini justru akan membuat keadaan mesin cuci semakin memburuk.

Jadi tombol yang benar untuk mereset mesin cuci Sharp adalah Tombol Power, Tombol Proses, Tombol Start dan Level Air.

BACA JUGA: Cara Reset Mesin Cuci Polytron Zeromatic

Itulah beberapa langkah mudah cara reset mesin cuci Sharp tidak bisa start. Semoga bermanfaat.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber