Tips & Trik

Cara Reset HP Vivo Ke Pengaturan Pabrik dengan Metode Mudah

Pengguna HP Vivo perlu mengetahui cara reset HP Vivo, karena terkadang cara ini diperlukan dalam beberapa kondisi.

Meski caranya terbilang mudah, namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa pengguna yang belum mengetahuinya.

Reset HP diperlukan dalam beberapa kondisi, seperti HP akan dijual, di tukar tambah, lupa password kunci layar, atau HP mengalami masalah, sehingga semua data perlu dihapus dari HP.

Proses reset factory atau mengembalikan HP ke pengaturan awal seperti ketika pertama kali keluar dari pabrik, membuat semua data dan pengaturan dihapus secara permanen.

Dengan begitu, foto, video, aplikasi, pengaturan, dan data lainnya, termasuk virus, malware, dan lain-lain yang menyebabkan HP bermasalah ikut terhapus permanen.

Sehingga, HP bisa beroperasi normal seperti biasa, bahkan kinerjanya lebih optimal.

Jika kamu mengalami salah satu permasalahan yang mengharuskan melakukan reset HP Vivo, berikut ini kami sajikan tutorial lengkapnya khusus untuk kamu.

Cara Reset HP Vivo

Setidaknya, ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mereset HP Vivo ke pengaturan semula. Bisa dengan cara hard reset atau melalui Pengaturan HP. Kamu bisa memilih menggunakan metode mana sesuai keinginan. Pastikan untuk menyimak pembahasan di bawah ini hingga tuntas, ya!

Hard Reset

Pertama-tama, pastikan semua data penting di HP Vivo kamu telah dicadangkan atau dialihkan ke media penyimpanan lain. Hal ini dilakukan agar setelah proses reset selesai, data penting tidak hilang dan bisa dipulihkan kembali.

Jika sudah, langkah yang harus dilakukan berikutnya adalah menonaktifkan HP. Kamu bisa menonaktifkan HP dengan menekan tombol Power selama beberapa detik, kemudian klik Daya mati.

Atau kamu juga bisa mematikan HP tanpa tombol, yakni dengan melalui pengaturan dan menjadwalkan mati otomatis.

Setelah HP nonaktif, tekan tombol volume atas dan tombol Power secara bersamaan hingga tampil logo Vivo. Nantinya, kamu akan masuk ke mode Fastboot.

Berikutnya, masuk ke menu Recovery Mode dengan menekan menekan tombol volume bawah untuk menavigasikan HP dan klik tombol Power untuk memilih opsi.

Di halaman Vivo Recovery, akan muncul opsi Install Software, Clear data, dan Check system. Dikarenakan tutorial ini akan mereset HP, maka pilih opsi Clear data.

Langkah berikutnya, klik Clear all data. Nantinya, akan muncul pop-up untuk konfirmasi. Jika sudah yakin ingin melakukan reset HP, langsung saja klik Ok.

Setelah itu, proses reset akan dimulai. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Setelah proses reset HP selesai, tekan tombol Back atau Kembali pada layar, lalu klik Restart. Tunggu beberapa saat dan ikuti instruksi selanjutnya.

Setelah HP selesai di reset, HP akan menyala seperti biasa, dengan data dan pengaturan yang kembali seperti semula. Setelah ini, HP bisa digunakan kembali.

Metode pertama ini memerlukan baterai yang cukup agar prosesnya berjalan lancar. Jika kamu lebih suka metode yang simpel, kamu bisa mengikuti metode di bawah ini.

Cara Reset HP Vivo via Pengaturan

  • Langkah pertama, cadangkan atau pindahkan data penting ke media penyimpanan lain. Lalu, buka Pengaturan di HP Vivo kamu.
  • Kemudian, berbagai kategori pengaturan akan muncul.

Dari berbagai kategori yang ada, klik Sistem pada urutan kategori paling bawah.

  • Selanjutnya, kamu akan disuguhkan dengan berbagai menu. Klik menu Opsi Reset.
  • Lalu, klik menu Reset ke setelan pabrik.
  • Pada halaman selanjutnya, akan muncul informasi mengenai apa yang akan terjadi ketika mereset HP. Simak dan klik tombol Hapus semua data jika sudah yakin.
  • Nantinya, kamu akan diminta untuk memasukkan password kunci layar jika kamu menggunakannya.
  • Masukkan password layar kunci untuk mengkonfirmasi reset HP.
  • Setelah itu, proses reset HP ke pengaturan pabrik akan dimulai.
  • Tunggu hingga proses reset selesai.

Setelah HP Vivo di reset, semua pengaturan akan kembali ke setelan awal seperti pertama kali keluar dari pabrik.

Perlu diketahui bahwa tutorial di atas dilakukan menggunakan HP Vivo dengan antarmuka Funtouch OS 12. Mungkin perlu sedikit penyesuaian ketika kamu mempraktikkannya.

BACA JUGA: Cara Menggunakan 2 Nomor WhatsApp dalam 1 HP Android dengan Fitur Baru

Demikianlah pembahasan mengenai cara reset HP Vivo. Semoga bermanfaat, khususnya bagi kamu yang ingin mengembalikan HP Vivo seperti pertama kali keluar dari pabrik.