Tips & Trik

Cara Pin Pesan di Grup WhatsApp dengan Fitur Baru, Coba Sekarang!

WhatsApp baru saja menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melakukan cara pin pesan di grup WhatsApp.

Sebelumnya, fitur pin atau semat hanya bisa digunakan pada chat individu dan chat grup di halaman Chat.

Sama dengan fitur di halaman Chat, pin pesan juga membuat suatu pesan berada di urutan paling atas di antara pesan-pesan lainnya.

Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah menemukan pesan yang penting pada suatu grup tanpa perlu berlama-lama scroll atau menggulir layar untuk mencarinya di antara banyaknya pesan dari anggota lain.

Dalam menggunakan aplikasi WhatsApp untuk kebutuhan komunikasi atau apapun itu, tak jarang ada pesan penting yang pasti akan dibutuhkan pada waktu mendatang.

Untuk menandainya, sebelumnya ada fitur Bintang yang memungkinkan pesan yang diberi bintang dikelompokkan pada suatu halaman. Berbeda dengan fitur Pin.

Dengan fitur Pin atau sematkan pesan, membuat pesan menjadi sorotan dan diletakkan di bagian atas obrolan.

Untuk menyematkan pesan di grup, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Caranya sangat sederhana.

Agar lebih mudah lagi, pastikan simak tutorial di bawah ini hingga tuntas, ya! Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Cara Pin Pesan di Grup WhatsApp

Untuk pin pesan di grup WA, kamu perlu melakukan langkah sederhana saja. Lebih jelasnya bisa kamu simak dan ikuti langkah-langkah berikut.

Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp yang biasa kamu gunakan di perangkat kamu. Kali ini, kami menggunakan WhatsApp Business di HP Android.

Setelah membuka aplikasinya, seperti biasa kamu akan disuguhkan dengan daftar chat bersama pengguna lain dan juga grup WhatsApp. Silahkan cari grup WA yang didalamnya terdapat pesan yang ingin di pin atau disematkan.

Buka Grup WA

Setelah ditemukan, klik grup yang dimaksud untuk membukanya.

Setelah grup WA dibuka, obrolan dengan anggota grup tentunya akan ditampilkan. Silahkan cari pesan mana yang akan di pin. Kamu bisa menyematkan pesan dari anggota lain atau pesan yang dikirim oleh kamu.

Pin Pesan di Grup WhatsApp

Tekan dan tahan pesan yang akan di pin. Kemudian, klik ikon titik tiga

yang ada di pojok kanan atas.

Nantinya, berbagai menu akan muncul. Dari menu yang ada, klik Sematkan.

Setelah itu, akan ada pop-up berisi opsi waktu sampai kapan pesan akan disematkan. Kamu bisa memilih 24 jam, 7 hari, atau 30 hari sesuai keinginan.

Setelah memilih waktu, klik Sematkan dan pesan tersebut otomatis disimpan di paling atas obrolan, tepatnya pada bagian bawah nama grup.

Untuk menampilkan pesan secara utuh, kamu bisa mengklik ikon semat.

Berbeda dengan menyematkan chat yang bisa hingga 3 chat, menyematkan pesan grup tidak bisa lebih dari satu. Jika kamu menyematkan pesan lain pada grup yang sama, maka pesan sematan baru akan menggantikan pesan sematan sebelumnya.

Perlu diketahui juga bahwa suatu pesan di dalam grup hanya bisa disematkan jika grup tersebut terbuka untuk semua anggota. Dalam artian, tidak ada pengaturan hanya admin yang dapat mengirim pesan pada grup.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Mode Senyap di IG, Begini Langkahnya

Nah, itu dia cara pin pesan di Grup WhatsApp. Terima kasih banyak telah menyimak artikel ini hingga tuntas. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.