Tips & Trik

Cara Menyimpan Pesan Sementara di WA agar Pesan Tidak Hilang

Pengguna WhatsApp yang mengaktifkan mode Pesan Sementara bisa melakukan cara menyimpan pesan sementara di WA agar pesan tetap ada dan tidak hilang otomatis.

Melalui fitur baru milik WhatsApp yang bernama Keep in Chat, pengguna bisa menyimpan pesan WA yang dikirim ketika mode Pesan Sementara sedang aktif.

Fitur baru ini sangat berguna, khususnya bagi kamu yang terbiasa mengaktifkan mode Pesan Sementara yang membuat pesan dalam obrolan menghilang setelah melewati batas yang ditentukan.

Dengan adanya fitur Keep in Chat, kamu bisa dengan cepat memilih pesan yang ingin disimpan, sehingga chat tetap bisa dibaca meski sudah terhapus otomatis.

Dalam penggunaan WhatsApp sebagai media komunikasi online sehari-hari, tak jarang terdapat obrolan yang sifatnya penting dan perlu disimpan karena akan dibutuhkan di lain waktu.

Ketika kamu memutuskan untuk mengaktifkan mode Pesan Sementara yang membuat pesan otomatis menghilang setelah melebihi waktu yang ditentukan, tenang saja. Pasalnya, kamu bisa menyimpan pesan apapun, termasuk pesan bersifat penting agar tetap ada meski sudah otomatis dihapus.

Caranya juga sangat mudah, karena langkahnya sederhana. Agar lebih mudah, simak tutorial lengkapnya yang telah kami sajikan di bawah ini. Simak terus, hingga tuntas, ya!

Cara Menyimpan Pesan Sementara di WA

Hanya dengan beberapa langkah saja, kamu bisa menyimpan pesan sementara dan mengamankannya dari penghapusan otomatis. Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan.
  • Pada halaman Chat, buka chat dengan grup atau chat personal yang didalamnya terdapat pesan sementara yang akan disimpan.
  • Setelah obrolan tampil, cari pesan yang akan disimpan.
  • Tekan dan tahan pesan tersebut, kemudian klik ikon keep atau bookmark yang ada di bagian atas.
  • Setelah itu, pesan tersebut akan disimpan dan tidak akan hilang meski sudah melebih batas waktu pesan sementara.

Pesan sementara yang disimpan memiliki ikon keep atau bookmark di bawahnya. Perlu diketahui bahwa ketika kamu menyimpan suatu pesan sementara pada chat room

WA, maka pengguna lain yang juga ada pada chatroom tersebut akan mendapat notifikasi berisi informasi bahwa kamu telah menyimpan pesan tersebut.

Kamu bisa melihat pesan apa saja yang telah kamu simpan dengan langkah berikut ini.

Cara Melihat Pesan Sementara yang Disimpan

Kamu bisa melihat pesan sementara yang disimpan di antara banyaknya obrolan dengan cara mudah tanpa perlu scroll-scroll mencari pesan berikon keep atau bookmark. Begini caranya.

  • Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp dan buka obrolan yang didalamnya terdapat pesan sementara yang kamu simpan.
  • Kemudian, klik nama kontak atau nama grup di bagian atas halaman obrolan.
  • Nantinya, informasi profil pengguna akan ditampilkan.
  • Scroll atau gulir layar dan klik menu Pesan tersimpan.
  • Setelah itu, daftar pesan sementara yang disimpan akan muncul.
  • Kamu juga bisa menampilkan pesan tersebut di room chat dengan mengklik pesan yang dimaksud.

Pesan yang disimpan bisa dilihat oleh semua pengguna yang ada di room chat tersebut.

BACA JUGA: 3 Cara Cek Poin Telkomsel dengan Mudah, Bisa Online atau Offline!

Itu dia tata cara menyimpan pesan sementara di WA yang bisa kamu lakukan agar pesan sementara tidak menghilang secara otomatis. Semoga pembahasan ini bermanfaat.