Tips & Trik

Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Berbagai Metode, Coba Sekarang!

Pengguna setia Vivo perlu mengetahui bagaimana cara menyalakan senter HP Vivo, karena bisa dilakukan dengan berbagai macam metode.

Dengan mengetahuinya, pengguna bisa menggunakan alternatif lain jika salah satu metode tidak bisa dilakukan.

Diantara beberapa metode menyalakan senter, ada metode yang bisa menyalakan senter dengan sangat cepat, hanya dengan hitungan detik saja.

Metode tersebut tentunya sangat bermanfaat, terutama jika sedang dalam keadaan darurat dan membutuhkan penerangan.

Seperti diketahui, kebanyakan smartphone maupun HP saat ini dilengkapi dengan fitur Senter. Termasuk HP Vivo.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menyalakan senter. Kami telah menyediakan tutorial lengkapnya di bawah ini.

Perlu diketahui bahwa pada tutorial kali ini, kami menggunakan HP Vivo dengan antarmuka Funtouch OS 12. Dalam praktiknya, mungkin perlu sedikit penyesuaian, terutama jika HP yang kamu gunakan memiliki versi yang berbeda.

Cara Menyalakan Senter HP Vivo

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menyalakan senter di HP Vivo. Caranya mudah, tanpa perlu menekan kombinasi tombol fisik dan tanpa bantuan aplikasi tambahan apapun. Langsung saja ke tutorialnya.

Melalui Control Center

Metode pertama dan yang paling simpel adalah melalui control center yang biasa diakses dengan cara mengusap layar HP dari atas ke arah bawah hingga berbagai notifikasi dan menu muncul.

Silahkan tampilkan control center hingga menu-menu yang ada tampil semua. Jika sudah, klik Lampu Senter untuk menyalakannya.

Setelah itu, otomatis lampu senter di HP Vivo kamu akan menyala.

Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Cepat

Metode kedua perlu dilakukan jika ingin menyalakan senter HP Vivo dengan cepat. Hanya beberapa detik saja, kamu bisa menyalakan senter, bahkan ketika layar HP mati.

Untuk mencobanya, silahkan matikan layar HP kamu. Kemudian, tekan tombol volume bawah selama beberapa detik. Setelah itu, senter akan menyala.

Jika metode tersebut tidak bisa membuat senter menyala, kamu perlu mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu melalui Pengaturan.

  • Caranya, buka Pengaturan > Pintasan dan Aksesibilitas.
  • Kemudian, klik menu Tindakan cepat dan aktifkan fitur tindakan cepat dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu tersebut.
  • Setelah itu, pastikan opsi Hidupkan/matikan Senter terpilih.

Goyangkan HP Vivo

Selain dua metode tadi, kamu juga bisa menyalakan senter di HP Vivo hanya dengan menggoyangkan HP.

Langkah pertama, pastikan layar HP menyala dan posisikan pada home screen atau bisa juga pada layar kunci. Setelah itu, silahkan guncang atau goyangkan HP Vivo kamu. Nantinya, senter akan menyala.

Jika ternyata tidak berhasil, kamu perlu mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu melalui Pengaturan.

  • Buka Pengaturan di HP Vivo yang kamu gunakan.
  • Seperti biasa, kamu akan disuguhkan dengan berbagai kategori pengaturan.
  • Dari kategori yang ada, pilih Pintasan dan Aksesibilitas.
  • Kemudian, klik menu Gerakan Pintar.
  • Terakhir, aktifkan fitur guncangan untuk menyalakan senter dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu Guncang untuk menyalakan senter.
  • Selesai. Kini, kamu bisa menyalakan senter di HP Vivo kamu dengan cara menggoyangkan HP.

Gunakan Google Assistant

Metode terakhir, kamu bisa menyalakan senter di HP Vivo tanpa menggunakan tombol, aplikasi, atau menu apapun, melainkan hanya dengan perintah suara melalui layanan Google Assistant.

Untuk menyalakan senter dengan Google Assistant, silahkan ucapkan “OK Google”. Kemudian, setelah Google Assistant tampil, ucapkan perintah “Nyalakan Senter”. Setelah itu, senter HP kamu akan menyala.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya, ini merupakan asisten virtual yang didukung dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). Selain bisa untuk mencari informasi dengan perintah suara, layanan ini juga bisa diandalkan dalam pengoperasian HP.

Pengguna bisa memerintah Google Assistant untuk membuka suatu aplikasi, atau mengaktifkan suatu fitur, seperti menyalakan fitur senter.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Speaker HP Vivo dengan Praktis dan Aman

Itulah beberapa cara menyalakan senter HP Vivo. Kamu bisa menggunakan metode mana saja sesuai keinginan dan kebutuhan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.