Tips & Trik

Cara Menonaktifkan Penghemat Data di HP Realme untuk Internetan Tanpa Batas

Pernah mengaktifkan fitur penghemat data dan ingin internetan dengan bebas? Cara menonaktifkan penghemat data di bawah ini perlu kamu praktikkan.

Kebanyakan smartphone saat ini dilengkapi dengan fitur bernama Penghemat Data. Seperti namanya, fitur ini bekerja untuk menghemat penggunaan data pada smartphone.

Aplikasi-aplikasi yang beroperasi secara online akan menggunakan data internet dengan konsumsi rendah. Dengan begitu, fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin menghemat kuota internet.

Terlebih, kuota internet harganya beragam. Untuk bisa menghemat penggunaanya, fitur penghemat data sangat direkomendasikan.

Perlu diketahui bahwa mengaktifkan penghemat data membuat aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang, termasuk aplikasi-aplikasi email, aplikasi chatting, jejaring sosial, tidak akan menerima pesan baru melalui jaringan seluler pengguna. Kecuali, jika ditambahkan ke daftar aplikasi yang tidak dibatasi.

Selain itu, ketika fitur penghemat data aktif, dalam waktu yang sama hotspot pribadi juga akan dinonaktifkan. Hal ini tentunya membuat penggunaan internet tidak boros, karena internet dibatasi.

Untuk internetan yang lebih leluasa, dalam artian tanpa ada batasan, kamu bisa menonaktifkan penghemat data.

Menonaktifkan penghemat data di HP Realme bisa dilakukan dengan mudah melalui pengaturan HP.

Hanya dengan beberapa langkah saja, penghemat data bisa dinonaktifkan. Agar lebih mudah, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini.

Cara Menonaktifkan Penghemat Data

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menonaktifkan penghemat data di HP Realme. Pastikan simak tutorialnya hingga tuntas, ya!

Buka Pengaturan HP

Langkah pertama, buka Pengaturan atau Setelan di HP Realme yang kamu gunakan. Kamu bisa mengakses pengaturan dari Home Screen atau dari quick menu.

Setelah halaman pengaturan terbuka, kamu akan disuguhkan dengan berbagai kategori pengaturan.

Klik Kategori Jaringan Seluler untuk Menonaktifkan Penghemat Data

Dari berbagai menu yang ada, buka kategori Jaringan Seluler.

Selanjutnya, kamu akan dialihkan ke halaman baru yang memungkinkan pengguna untuk mengatur jaringan seluler.

Untuk menonaktifkan penghemat data, ikuti langkah berikutnya.

Matikan Penghemat Data

Langkah selanjutnya untuk menonaktifkan penghemat data adalah dengan mengklik menu Penggunaan data.

Di halaman berikutnya, klik menu Hemat data. Terakhir, klik ikon toggle switch yang ada di samping Hemat data untuk menonaktifkan penghemat data.

Selesai. Kini, kamu bisa bebas berselancar di internet tanpa ada batas penghemat data. Kamu juga bisa kembali menggunakan fitur hotspot untuk berbagi data internet ke perangkat lain.

Tutorial di atas dipraktikkan pada HP Realme dengan realme UI V4.0. Perlu sedikit penyesuaian jika kamu menggunakan HP Realme dengan versi UI yang berbeda.

BACA JUGA: Cara Menghapus Pesan di Shopee, Mudah dan Praktis!

Demikian pembahasan mengenai cara menonaktifkan penghemat data di HP Realme. Terima kasih telah menyimaknya hingga akhir. Semoga artikel ini bisa membantu dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.