Tips & Trik

Cara Mengunci Profil Facebook agar Tidak Sembarang Orang Bisa Melihat

Ingin FB menjadi lebih privasi? Cara mengunci profil Facebook jadi salah satu hal yang harus kamu coba untuk menjaga profil FB agar tidak bisa dilihat oleh sembarang orang.

Seperti yang kita tahu, Facebook merupakan salah satu media sosial populer di berbagaI belahan dunia, termasuk Indonesia. Penggunanya mencakup berbagai kalangan, baik itu anak-anak, dewasa, bahkan orang tua.

Melalui aplikasi Facebook atau FB, pengguna bisa melakukan banyak hal. Dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya, pengguna bisa memposting status berisi foto, video, tulisan, membuat cerita, menonton video, bergabung dengan grup atau komunitas, berjual beli, chat pribadi, dan lain sebagainya.

Jangkauan Facebook sangatlah luas. Seperti disebutkan di awal, FB populer di berbagai negara. Facebook menjaga privasi para penggunanya.

Sebagai media sosial, pengguna harus siap dengan resiko terpapar dengan orang-orang asing yang belum tentu memiliki niat baik.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal buruk, pengguna harus pandai menjaga privasinya. Beruntung, Facebook telah menyediakan fitur privasi yang bisa pengguna gunakan dengan mudah.

Selain bisa mengatur privasi siapa saja yang bisa melihat postingan, pengguna juga bisa mengatur privasi profil Facebook.

Pada profil, biasanya pengguna menampilkan informasi pribadi seperti foto, nama, alamat, tanggal lahir, pendidikan, tempat bekerja, nomor HP, dan lain sebagainya.

Untuk melindungi data-data pribadi tersebut dari oknum yang tidak bertanggungjawab, Facebook baru saja menyediakan satu fitur bernama Profile Lock.

Fitur tersebut memungkinkan penggunanya mengunci profil FB. Sehingga, hanya pengguna FB lain yang sudah berteman yang bisa melihat isi dari profil FB pengguna. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengunci Profil Facebook

  • Langkah pertama, buka aplikasi atau website Facebook.
  • Pastikan login dengan akun Facebook yang profilnya akan dikunci.
  • Pada halaman beranda, klik ikon profil kamu untuk membuka profil.
  • Setelah halaman profil muncul, klik ikon titik tiga horizontal.
  • Nantinya, akan muncul beberapa opsi. Dari berbagai opsi yang ada, pilih Lock Profile.
  • Selanjutnya, klik menu Lock Your Profile untuk memberikan konfirmasi.
  • Setelah itu, profil Facebook kamu akan dikunci yang ditandai dengan ikon perisai berwarna putih dengan latar biru.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Pusat Bantuan Facebook, jika sebuah profil FB sudah dikunci, maka hanya teman akun FB yang bisa melihat foto dan postingan di profil yang dikunci, foto profil atau foto sampul ukuran penuh, cerita akun yang profilnya dikunci, dan postingan serta foto baru.

Selain itu, setiap postingan yang dulu dibagikan secara publik, akan berubah pengaturan privasinya menjadi hanya teman. Tinjauan profil dan tinjauan tanda akan aktif, serta informasi Tentang profil yang dikunci hanya bisa dilihat sebagian oleh semua orang.

Sayangnya, perlu diketahui bahwa fitur Profile Lock belum tersedia di semua negara, termasuk Indonesia. Hanya negara-negara tertentu yang sudah bisa menggunakan fitur pengunci profil FB tersebut.

Kendati begitu, pengguna masih bisa menjaga privasi data yang ada di profil FB dengan cara berikut.

  • Gunakan fitur ‘Pemeriksaan Privasi’.
  • Pilih kepada siapa saja postingan, foto, dan informasi lainnya dibagikan.
  • Edit info dasar di profil dan pilih siapa saja yang bisa melihatnya.
  • Lebih selektif dalam menerima pertemanan.
  • Ubah pengaturan privasi cerita (story).
  • Aktifkan fitur ‘Tinjau Profil’ dan ‘Tinjau Tanda’ di pengaturan ‘Profil and Tagging’.
  • Edit pemirsa foto profil.

BACA JUGA: Cara Download Story Facebook, Mudah dan Praktis

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengunci profil Facebook lengkap dengan alternatif lain yang bisa dicoba jika fitur Profile Lock belum tersedia. Semoga bermanfaat.