Tips & Trik

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi agar Tidak Diakses Sembarangan

Perlu menjaga aplikasi di HP dari jangkauan orang lain? Cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi perlu kamu coba agar aplikasi tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Smartphone umumnya berisi berbagai data penting penggunanya. Dari urusan bisnis, pekerjaan, belajar, hingga privasi lainnya tersimpan pada smartphone yang hampir selalu dibawa kemana-mana.

Kebanyakan pengguna smartphone Android termasuk pengguna Xiaomi menyimpan data penting pada aplikasi tertentu. Baik itu foto, catatan, dokumen penting, atau yang lainnya tidak semua bisa menjadi konsumsi orang lain dengan berbagai alasan.

Apalagi, meskipun smartphone atau HP termasuk barang pribadi, namun rentan berpindah tangan. Sehingga, tidak menutup kemungkinan orang lain bisa mengakses apapun yang ada di dalamnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Xiaomi sudah melengkapi smartphone besutannya dengan berbagai sistem keamanan mulai dari keamanan pola, sandi, fingerprint, hingga face unlock.

Akan tetapi, proteksi keamanan pada smartphone terkadang masih kurang cukup dan diperlukan keamanan yang lebih untuk beberapa aplikasi penting yang ada pada smartphone.

Aplikasi seperti Galeri yang menyimpan banyak foto hingga video, aplikasi keuangan, aplikasi perpesanan, serta media sosial menjadi aplikasi yang membutuhkan proteksi tambahan.

Untuk melindungi aplikasi agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang, solusinya adalah dengan menguncinya.

Mengunci aplikasi berguna untuk meningkatkan keamanan data-data yang tersimpan di dalamnya. Dengan menguncinya, hanya pengguna atau orang tertentu yang bisa mengakses aplikasi. Karena aplikasi hanya bisa dibuka dengan password

.

Dengan begitu, Mi Fans tidak perlu khawatir lagi, karena aplikasi sudah menggunakan keamanan berlapis. Lantas, bagaimana cara mengunci aplikasi di Xiaomi?

Berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial mengunci aplikasi di HP Xiaomi dengan beberapa langkah mudah. Pastikan simak tutorialnya hingga tuntas, ya!

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Mengunci aplikasi di HP Xiaomi bisa dilakukan melalui beberapa metode. Bisa melalui pengaturan atau dengan bantuan aplikasi tambahan.

Tutorial kali ini mengunci aplikasi melalui menu Pengaturan di HP Xiaomi Redmi dengan MIUI 13. Jika kamu pengguna HP Xiaomi dengan versi MIUI yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengunci aplikasi adalah dengan membuka Pengaturan atau Setelan di HP Xiaomi kamu.
  • Pilih menu Aplikasi.
  • Kemudian, klik menu Kunci aplikasi.
  • Klik tombol Hidupkan.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk membuat gambar pola untuk dijadikan kunci aplikasi.
  • Buat pola sesuai dengan keinginan dengan menghubungkan minimal empat titik.
  • Selain pola, kamu juga bisa mengganti kunci aplikasi dengan keamanan lainnya seperti PIN atau sandi dengan mengklik ‘Ganti sandi’.
  • Setelah pembuatan kunci aplikasi selesai, klik tombol Berikutnya.
  • Tambahkan akun Xiaomi kamu dengan mengklik tombol Tambah.
  • Selanjutnya, beri ceklis pada aplikasi yang ingin kamu kunci.
  • Setelah itu, klik tombol Gunakan Kunci Aplikasi.
  • Selesai. Aplikasi yang kamu pilih kini telah dikunci.

Jika aplikasi yang kamu pilih belum benar-benar terkunci, disarankan untuk mencoba kembali langkah-langkah penguncian aplikasi.

Aplikasi yang sudah dikunci hanya bisa dibuka dengan menggunakan kunci aplikasi yang telah dibuat tadi. Pastikan tidak ada siapapun yang mengetahui kunci aplikasi yang kamu pasang pada aplikasi terpilih agar keamanannya tetap terjaga.

BACA JUGA: Cara Menyembunyikan Foto di HP Xiaomi agar Tak Bisa Dilihat Orang Lain

Semoga tutorial cara mengunci aplikasi kali ini bisa membantu kamu pengguna HP Xiaomi untuk meningkatkan keamanan HP yang kamu gunakan.