Tips & Trik

Cara Mengubah Nama Pengguna Spotify dengan Mudah

Pengguna setia Spotify pastinya bertanya-tanya bagaimana cara mengubah nama pengguna Spotify. Pasalnya, ketika melakukan pendaftaran, Spotify otomatis memberi nama pengguna yang terdiri dari serangkaian angka dan huruf.

Nama pengguna atau username biasa digunakan untuk menambah followers atau pengikut. Pengguna lain seperti teman atau doi bisa mengetikkan nama pengguna kamu ke kolom pencarian Spotify.

Hingga akhirnya, mereka bisa melihat profil pengguna kamu, kemudian mengikuti. Dengan begitu, kamu dan pengikut bisa mendengarkan musik bersama.

Seperti yang kita tahu, Spotify merupakan platform yang menyediakan layanan musik, podcast, dan video digital yang memberi akses pada penggunanya ke jutaan lagu dan konten di seluruh dunia.

Nama pengguna yang telah ditetapkan oleh Spotify adalah kunci dari banyaknya fitur di Spotify.

Serangkaian angka dan huruf yang diberikan oleh Spotify secara otomatis dirancang untuk mengidentifikasi penggunanya di Spotify. Lantas, apakah ada cara mengubah nama pengguna Spotify?

Ketika mendaftar menggunakan akun Facebook, atau dengan alamat email, seperti yang tadi disebutkan bahwa Spotify otomatis memberikan nama pengguna.

Cara Mengubah Nama Pengguna Spotify

Perlu diketahui, nama pengguna yang ditetapkan oleh Spotify tidak bisa diubah. Pengguna hanya bisa mengubah nama tampilan Spotify.

Adapun, nama tampilan merupakan nama profil yang bisa disesuaikan. Nama tampilan biasanya muncul di profil, aplikasi, dan daftar putar.

Kendati begitu, nama pengguna yang ditetapkan oleh Spotify tetap dibutuhkan. Pasalnya, nama tampilan tidak bisa digunakan untuk login ke Spotify.

Selain menggunakan nama pengguna, pengguna lain juga bisa mencari profil kamu dengan mengetikkan nama tampilan.

Jadi, meskipun tidak bisa mengganti nama pengguna, kamu masih bisa mengganti nama tampilan agar lebih menarik.

Ketika mendaftar dengan akun Facebook, Spotify otomatis mengadopsi nama FB kamu sebagai nama tampilan. Begitupun dengan alamat email, Spotify otomatis menggunakan username email kamu sebagai nama tampilan.

Jika kamu ingin mengubah nama tampilan Spotify karena mendaftar dengan FB yang namanya memalukan atau alasan lainnya, kamu bisa mengikuti langkah mudah di bawah ini.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Spotify yang ada di HP kamu.
  • Pada halaman utama, klik ikon roda gigi di pojok kanan atas.
  • Klik Lihat Profil.
  • Kemudian, klik tombol Edit.
  • Di halaman berikutnya, masukkan nama tampilan yang kamu inginkan.
  • Klik Simpan untuk menyimpan perubahan.
  • Selesai. Nama tampilan akun Spotify kamu berhasil diubah.

Jika kamu ingin mengetahui nama pengguna yang ditetapkan oleh Spotify, ikuti langkah berikut.

  • Buka menu Browser yang biasa kamu gunakan di laptop atau komputer kamu.
  • Akses situs web Spotify dan login menggunakan akun Spotify kamu.
  • Setelah berhasil masuk, klik ikon profil yang ada di pojok kanan atas halaman beranda.
  • Klik menu Akun.
  • Pada halaman selanjutnya, informasi mengenai akun kamu yang terdiri dari nama pengguna, Email, tanggal lahir, dan negara akan ditampilkan.

BACA JUGA: Cara Membuat Podcast di Spotify, Pemula Wajib Tahu!

Itu dia cara mengubah nama tampilan akun spotify. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.