Tips & Trik

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Vivo agar Lebih Menarik, Tanpa Aplikasi!

Ingin tampilan HP kamu menjadi lebih menarik dan tidak seperti biasanya? Cara menghilangkan tombol navigasi Vivo di bawah ini perlu kamu coba.

Tombol navigasi yang berada di bagian bawah layar HP umumnya terdiri dari tiga tombol. Tiga tombol tersebut yaitu Back, Home, dan Recent App.

Pada HP dengan touch screen (layar sentuh), tombol navigasi layar tersebut berperan penting dalam memudahkan pengoperasian smartphone. Contohnya, ketika perlu kembali ke halaman sebelumnya, pengguna hanya perlu mengklik ikon kembali.

Jika ingin kembali ke halaman utama, pengguna bisa mengklik ikon yang ada di posisi paling tengah diantara ketiga tombol navigasi.

Satu lagi, tombol bernama Recent App digunakan untuk melihat aplikasi yang sebelumnya dibuka oleh pengguna.

Biasanya, ikon tombol navigasi back berbentuk segitiga, home berbentuk rumah/persegi/bulat, dan recent app ber icon garis tiga horizontal.

Tak jarang, pengguna smartphone merasa bosan dengan tampilan dan penggunaan tombol navigasi tersebut.

Jika kamu juga merasakan hal yang sama, kamu bisa menghilangkan tombol navigasi dengan fitur yang ada di HP Vivo.

Ya, Vivo memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membuat tombol navigasi menghilang dan digantikan dengan navigasi lainnya, yakni gestur.

Dengan fitur tersebut, tombol navigasi akan hilang dan diubah menjadi gestur. Tampilan dan pengoperasiannya pun berbeda.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak tutorial lengkap yang telah kami siapkan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Vivo

Buka Pengaturan

Langkah pertama, buka Pengaturan di HP Vivo kamu. Pengaturan bisa diakses melalui Home Screen, daftar aplikasi, atau melalui control center.

Setelah halaman pengaturan terbuka, seperti biasa, kamu akan disuguhkan dengan beberapa kategori pengaturan.

Klik Kategori Sistem – Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Vivo

Ya, dari berbagai kategori yang ada, pilih Sistem

. Kategori ini ada pada bagian bawah halaman. Jadi, kamu perlu scroll layar hingga bawah.

Setelah mengklik Sistem, halaman baru akan muncul dengan beberapa menu. Di antara menu yang ada, terdapat menu untuk mengatur navigasi.

Masuk ke Menu Navigasi Sistem

Klik menu Navigasi sistem untuk mengatur tombol navigasi pada HP. Menu ini berada pada urutan paling atas dari menu lainnya.

Setelah mengklik menu tersebut, kamu akan disuguhkan dengan beberapa opsi navigasi. Hilangkan tombol navigasi dengan mengikuti langkah berikutnya.

Hilangkan Tombol Navigasi

Untuk menghilangkan tombol navigasi HP Vivo kamu, silahkan klik opsi Navigasi gestur.

Setelah itu, otomatis tombol navigasi menghilang dan berubah menjadi gestur. Navigasi gestur ini mirip dengan kebanyakan pengguna iPhone gunakan.

Cara penggunaannya bisa kamu lihat pada tutorial yang ada di bagian atas halaman. Di awal-awal, mungkin pengguna masih belum terbiasa. Namun, seiring dengan waktu dan juga seringnya mencoba, akan terbiasa menggunakannya.

BACA JUGA: Cara Membatasi Komentar di Instagram dengan Metode Mudah, Setengah Menit Jadi!

Itu dia cara menghilangkan tombol navigasi Vivo. Mudah, bukan? Sekarang, giliran kamu mempraktikkannya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.