Tips & Trik

Cara Menghidupkan Layar HP dengan Ketukan, Penggunaan Jadi Lebih Praktis!

Cara menghidupkan layar HP dengan ketukan bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur Ketuk dua kali. Caranya mudah, tanpa perlu bantuan aplikasi tambahan.

Hampir semua merk smartphone saat ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menghidupkan layar dengan cara mengetuknya dua kali.

Fitur tersebut bernama double tap to wake atau Ketuk dua kali untuk menghidupkan layar.

Dengan menghidupkan fitur double tap to wake, tentunya pengguna bisa menghidupkan layar dengan cepat ketika layar mati tanpa perlu menekan tombol Power.

Selain membuat penggunaan HP jadi lebih cepat dan praktis, pengguna juga bisa mengurangi penggunaan tombol Power dan meminimalisir terjadinya kerusakan tombol yang bisa terjadi diakibatkan oleh intensitas pemakaian yang tinggi.

Mengaktifkan fitur double tap to wake juga bisa diandalkan ketika tombol Power sedang bermasalah. Dengan begitu, pengguna tidak perlu terlalu panik ketika tombol Power tidak bisa digunakan lagi, karena ada alternatif lainnya.

Jika kamu ingin menghidupkan layar HP dengan ketukan, baik itu karena tombol Power rusak, atau karena ingin penggunaan yang lebih praktis, kamu bisa melakukannya dengan mudah.

Hanya dengan beberapa langkah saja, kamu bisa menghidupkan layar HP dengan mengetuknya dua kali. Penasaran dengan caranya? Langsung saja, simak tutorialnya berikut ini.

Cara Menghidupkan Layar HP dengan Ketukan

Pada tutorial kali ini, kami menggunakan HP Realme dengan realme UI V4.0. Mungkin perlu sedikit penyesuaian jika kamu menggunakan merk HP lain. Pastikan ikuti langkahnya agar lebih mudah.

Buka Pengaturan HP

Langkah pertama, buka Pengaturan atau Setelan di HP kamu.

Pengaturan bisa diakses melalui Home Screen atau melalui bar notifikasi. Setelah halaman pengaturan terbuka, kamu akan disuguhkan dengan berbagai kategori.

Klik Layar awal & Layar kunci

Dari berbagai kategori pengaturan yang ada, pilih kategori Layar awal & layar kunci.

Pada halaman tersebut, kamu akan kembali disuguhkan dengan berbagai menu yang bisa digunakan untuk mengatur layar HP.

Untuk mengaktifkan layar HP dengan ketukan, ikuti cara selanjutnya.

Aktifkan Fitur Ketuk Dua Kali

Pada halaman Layar awal & layar kunci, scroll atau gulir layar dan perhatikan bagian Layar kunci.

Silahkan aktifkan fitur Ketuk dua kali dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu Ketuk dua kali untuk membangunkan atau mematikan layar hingga berwarna biru.

Setelah itu, kamu bisa menyalakan layar ketika mati hanya dengan mengetuk layar sebanyak dua kali. Otomatis layar akan menyala.

Kamu juga bisa mematikan layar dengan cara yang sama. Pastikan kamu mengklik bagian layar yang kosong di Home screen.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Izin Aplikasi Facebook di HP Android, Begini Langkahnya

Nah, itu dia cara menghidupkan layar HP dengan ketukan. Kini, menghidupkan dan mematikan layar HP bisa dilakukan dengan cepat dan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat.