Tips & Trik

Cara Menghemat Kuota Internet di HP Ketika Mudik, Begini Tipsnya

Cara menghemat kuota internet perlu diketahui, terutama ketika hendak bepergian jarak jauh, seperti mudik ataupun berlibur.

Tak bisa dipungkiri, kuota internet sangat dibutuhkan dalam kondisi tersebut. Yang paling utama adalah untuk berkomunikasi dan melakukan transaksi melalui dompet digital.

Ketika dalam perjalanan yang cukup jauh ke tempat tujuan, tak jarang rasa bosan menghampiri. Biasanya, pengguna smartphone memanfaatkan smartphone untuk mendapat hiburan di sela-sela perjalanan.

Baik itu dengan menonton series favorite, streaming lagu, main game, membaca ebook, atau yang lainnya.

Aktivitas tersebut perlu dibatasi, jika ingin tetap terhubung dengan internet untuk bisa berkomunikasi atau melakukan aktivitas lainnya di HP yang bersifat lebih penting.

Akan tetapi, kamu tetap bisa menghemat kuota ketika mudik meski melakukan aktivitas penghilang bosan. Penasaran dengan caranya? Di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Cara Menghemat Kuota Internet

Agar kuota internet tidak boros bahkan habis di perjalanan, simak beberapa tips menghematnya dengan efektif berikut ini.

Sebelum Perjalanan

  • Sebelum berangkat, pastikan kamu mengisi paket internet yang sesuai dengan kebutuhan. Lebih baik pilih paket internet dengan kuota besar.
  • Download aplikasi serta konten yang diperlukan selama perjalanan. Seperti game, musik, film, ebook, atau yang lainnya. Pilih aplikasi offline agar lebih hemat.
  • Nonaktifkan notifikasi aplikasi yang tidak penting. Notifikasi dari aplikasi online juga mengkonsumsi kuota internet. Untuk itu, lebih baik matikan saja dan hanya aktifkan notifikasi dari aplikasi yang penting untuk perjalanan.
  • Jika memungkinkan, hidupkan mode hemat data di pengaturan HP untuk membatasi penggunaan data. Akan tetapi, dengan cara ini beberapa layanan tidak bisa diakses, karena otomatis dilakukan pembatasan.
  • Jangan lupa juga untuk menonaktifkan fitur pembaruan aplikasi otomatis agar HP tidak mengupdate aplikasi ketika dalam perjalanan. Sebab, update aplikasi membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit.

Cara Menghemat Kuota Internet Selama Perjalanan Mudik

  • Gunakan WiFi untuk internetan di tempat umum. Cari koneksi WiFi gratis di tempat publik, seperti di bandara, hotel, restoran, atau kafe.
  • Batasi penggunaan internet untuk hal penting. Hindari streaming video, main game online, atau mengunduh file besar.
  • Gunakan aplikasi chat yang lebih hemat data, seperti WhatsApp dan Telegram.
  • Nonaktifkan data internet ketika tidak digunakan. Termasuk ketika berada di tempat dengan sinyal lemah.

BACA JUGA: Xiaomi Umumkan Kehadiran Redmi Turbo 3, Punya Desain Elegan!

Nah, itulah beberapa cara menghemat kuota internet yang bisa dilakukan sebelum perjalanan mudik atau liburan dan selama perjalanan. Semoga informasinya bermanfaat.