Tips & Trik

Cara Menghemat Baterai HP Vivo agar Tidak Cepat Habis

Pengguna setia Vivo perlu mengetahui bagaimana cara menghemat baterai HP Vivo. Ini akan sangat bermanfaat ketika baterai low namun tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian daya.

Sudah bukan rahasia lagi, kini smartphone digunakan di setiap harinya untuk menunjang komunikasi serta aktivitas lainnya.

Seperti yang kita tahu, baterai menjadi sumber daya yang berperan penting sebagai “nyawa” nya smartphone.

Ya, dengan adanya baterai, smartphone bisa menyala dan fungsinya bisa dirasakan dengan maksimal.

Oleh karena itu, daya baterai menjadi hal yang perlu diperhatikan dan juga dipantau. Jika daya sudah tersisa 20%, alangkah baiknya segera lakukan pengisian daya.

Akan tetapi, bagaimana jika tidak memungkinkan untuk mengisi ulang daya, sementara ada hal penting di waktu mendatang?

Pastinya setiap pengguna mencari cara untuk bisa menghemat baterai yang tersisa. Pastikan caranya aman bagi perangkat dan juga pengguna itu sendiri.

Berikut ini Hallo GSM bagikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai HP Vivo dengan aman dan pastinya berhasil. Simak hingga tuntas, ya!

Cara Menghemat Baterai HP Vivo

Berikut ini beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai di HP Vivo. Metodenya mudah, tanpa perlu aplikasi tambahan.

Atur Kecerahan Layar

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai di HP adalah dengan mengatur kecerahan layar.

Layar dengan tingkat kecerahan tinggi tentu memakan daya yang tinggi pula. Untuk itu, perlu penyesuaian kecerahan sesuai dengan keperluan.

Seperti ketika di ruangan dengan minim cahaya, atur kecerahan yang paling rendah agar tetap nyaman dan baterai tetap hemat.

Hindari pengaktifan fitur kecerahan layar otomatis, karena fitur tersebut membuat konsumsi daya lebih tinggi dari biasanya.

Cara Menghemat Baterai HP Vivo dengan Fitur Penghemat Daya

Hampir semua merk HP dilengkapi dengan fitur penghemat daya, termasuk HP Vivo.

Seperti namanya, fitur ini ketika diaktifkan akan meminimalisir konsumsi daya pada HP. Kamu bisa mengaktifkan fiturnya dengan mudah.

Salah satu caranya, yakni dengan mengakses control center. Kemudian, cari dan klik menu bernama Penghemat Baterai atau Penghemat Daya.

Setelah itu, fitur akan aktif dan konsumsi baterai akan lebih hemat. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa ketika mengaktifkan fitur ini, sistem HP akan mengurangi kinerja, seperti mematikan jaringan 5G, membatasi getaran, dan sebagian besar data yang berjalan di latar belakang.

Meski begitu, pengaktifan fitur ini sangat membantu dalam upaya penghematan daya baterai.

Hindari Penggunaan Wallpaper Bergerak

Wallpaper dinamis memang membuat tampilan HP menjadi lebih menarik dan lebih personal. Akan tetapi, ini sangat menguras baterai.

Jadi, untuk menghemat baterai HP, lebih baik gunakan wallpaper statis agar tidak terlalu banyak baterai yang digunakan.

Aktifkan Mode Gelap

Setelah menghindari penggunaan wallpaper bergerak, kamu bisa mengaktifkan tema gelap agar penghematan baterai lebih maksimal.

Ya, dengan tema HP yang gelap, penggunaan daya HP menjadi lebih minim. Kamu bisa mengaktifkan mode gelap dengan mengakses Pengaturan HP.

Kemudian, masuk ke kategori Tampilan dan kecerahan. Setelah itu, aktifkan tema gelap dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu Tema Gelap. Otomatis HP akan berubah temanya menjadi gelap.

Selain untuk menghemat baterai, penggunaan tema gelap juga membuat mata menjadi lebih nyaman ketika menggunakan HP.

Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Fitur-fitur konektivitas seperti WiFi, Bluetooth, data, dan lainnya jika sudah tidak digunakan lebih baik segera nonaktifkan.

Aktifnya fitur-fitur tersebut membuat baterai terus berkurang.

Oleh karena itu, jangan sampai fitur-fitur terus aktif jika sudah tidak lagi digunakan. Pastikan untuk selalu menonaktifkannya segera setelah fitur selesai digunakan.

BACA JUGA: Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo dengan Berbagai Metode, Begini Langkahnya

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai HP Vivo. Terima kasih telah menyimak sampai akhir. Semoga bermanfaat.