Tips & Trik

Cara Menghemat Baterai HP Realme agar Awet Seharian

Pengguna setia Realme perlu mengetahui cara menghemat baterai HP Realme. Cara ini akan sangat bermanfaat ketika tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian daya.

Sudah bukan rahasia umum lagi, kini smartphone atau HP digunakan di setiap harinya, kapanpun dan dimanapun. Mengingat, benda berteknologi ini memiliki peran penting dalam menunjang aktivitas penggunanya.

Tak heran, jika smartphone selalu dibawa kemanapun penggunanya pergi.

Seperti yang kita tahu, yang menjadi sumber daya gadget, termasuk smartphone adalah baterai. Baterai ini sangat berperan penting, hingga disebut sebagai “nyawa” nya smartphone.

Ya, dengan adanya daya pada baterai, tentu smartphone bisa menyala dan fungsinya bisa dirasakan oleh pengguna dengan maksimal.

Oleh karena itu, daya baterai pada HP menjadi hal yang perlu diperhatikan dan dipantau. Jika daya baterai sudah di angka 20%, alangkah baiknya segera lakukan pengisian daya.

Akan tetapi, bagaimana jadinya jika kamu tidak memungkinkan untuk mengisi ulang daya HP, sementara ada hal penting di waktu mendatang?

Sebisa mungkin lakukan berbagai cara yang bisa menghemat baterai. Pastikan cara yang diambil aman untuk baterai dan juga pengguna itu sendiri.

Berikut ini Hallo GSM bagikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai HP Realme. Pastikan simak hingga tuntas, ya!

Cara Menghemat Baterai HP Realme

Aktifkan Mode Hemat Daya

Metode pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai HP adalah dengan mengaktifkan Mode hemat daya.

Saat ini, hampir semua merk smartphone, termasuk Realme dilengkapi Mode hemat baterai. Bahkan, di beberapa model, tersedia dua Mode, yakni Mode hemat daya dan Mode Super Hemat Daya.

Kamu bisa mengaktifkan salah satu mode tersebut sesuai dengan kebutuhan. Mode hemat daya membuat daya baterai awet selama beberapa jam sesuai sisa baterai.

Sedangkan Mode Super Hemat Daya membuat HP bertahan lebih lama lagi, bahkan hingga hari berikutnya.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa dengan mengaktifkan mode tersebut, otomatis fungsi dan kinerja HP dibatasi. Hal ini lah yang membuat HP hanya mengkonsumsi daya baterai sedikit.

Kamu hanya bisa menjalankan aplikasi tertentu saja ketika mengaktifkan Mode hemat daya. Mode ini sangat bermanfaat ketika dalam perjalanan dan perlu menghemat baterai.

Gunakan Mode Gelap

Selain mengaktifkan mode hemat daya, menggunakan Mode Gelap atau Dark Mode juga disarankan untuk menghemat daya baterai.

Dengan mode gelap, tampilan HP akan berubah menjadi hitam. Warna gelap ini menggunakan daya lebih sedikit dibandingkan mode terang.

Mode gelap bisa diaktifkan dengan mudah melalui Pengaturan.

Selain menggunakan mode gelap, pastikan juga HP tidak menggunakan animasi atau wallpaper bergerak. Dua hal itu sangat menguras baterai HP.

Kurangi Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar juga perlu diperhatikan ketika ingin menghemat baterai HP. Semakin tinggi kecerahan layar, semakin banyak daya baterai yang digunakan.

Untuk itu, atur kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan. Hindari mengaktifkan kecerahan layar otomatis, karena hal itu membuat baterai cepat terkuras.

Matikan Fitur yang Sudah Tidak Dipakai

Fitur-fitur seperti WiFi, Bluetooth, dan data seluler jika sudah tidak digunakan lagi alangkah baiknya dinonaktifkan.

Fitur yang terus menerus aktif, seperti WiFi atau Bluetooth membuat perangkat terus bekerja mencari jaringan. Hal itu menggunakan daya baterai yang cukup banyak jika dibiarkan lama.

Batasi Notifikasi

Kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang bisa menampilkan notifikasi agar baterai tidak terus digunakan karena tampilnya notifikasi.

Selain memilih aplikasi mana saja yang diizinkan untuk menampilkan aplikasi, kamu juga bisa memilih jenis notifikasi pada Pengaturan HP agar tidak membuat layar menyala dan membuat baterai semakin berkurang.

Jika ingin lebih simpel, kamu bisa membatasi notifikasi agar baterai tetap awet dengan mengaktifkan Mode Pesawat.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, sebagian notifikasi dari aplikasi online tidak akan muncul, karena perangkat menjadi offline.

BACA JUGA: Cara Mengecek Kuota Smartfren di Telepon Terbaru, Pengguna Wajib Tahu!

Nah, itu dia beberapa cara menghemat baterai HP Realme yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.