Tips & Trik

Cara Menghapus Email di HP Xiaomi dengan Mudah dan Cepat, Bisa Hapus Sekaligus!

Pengguna Xiaomi perlu tahu bagaimana cara menghapus Email di HP Xiaomi. Hal ini sangat penting, karena bukan hanya menyangkut penyimpanan perangkat. Namun juga bersangkutan dengan keselamatan bumi.

Di zaman serba digital ini, banyak pengguna gadget termasuk smartphone yang berkirim surat melalui layanan email untuk keperluan pribadi, pekerjaan, atau yang lainnya.

Seperti yang kita tahu, email merupakan layanan pesan elektronik yang memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan berupa teks atau dokumen penting dengan cepat.

Dengan adanya email (electronic mail), proses surat menyurat menjadi lebih cepat dan praktis tanpa harus pergi ke kantor pos untuk mengirimkannya ke tujuan.

Hingga saat ini, sudah banyak penyedia layanan elektronik mail. Diantaranya adalah Yahoo, Outlook, Gmail, Zoho, dan lain-lain.

Salah satu layanan email yang populer dan banyak digunakan adalah Google Mail atau Gmail.

Melalui layanan Gmail, pengguna bisa mengirim pesan email kepada pengguna lain. Dengan koneksi internet, pesan email bisa terkirim ke tujuan hanya dengan beberapa detik saja.

Untuk mengirim pesan email, pengguna hanya perlu mengetahui alamat email tujuan.

Selain untuk berkirim pesan antar pengguna, layanan email juga biasanya digunakan oleh aplikasi yang terinstal pada perangkat untuk mengirim informasi pembaruan.

Tak jarang kotak masuk email dipenuhi dengan pemberitahuan dari aplikasi-aplikasi atau situs website, dimana sebelumnya pengguna login menggunakan alamat email.

Oleh karena itu, tak jarang pengguna kesulitan mencari email penting, karena tertimbun dengan email dari aplikasi atau web.

Banyaknya pesan email yang dibiarkan terlalu lama juga membuat penyimpanan menjadi penuh yang menyebabkan email baru tidak bisa masuk.

Bukan hanya itu, banyaknya pesan email yang tersimpan, yang belum dibaca, dan munculnya notifikasi juga memicu emisi karbon yang membuat pemanasan global.

Untuk mengurangi penyimpanan perangkat dan juga berkontribusi dalam menyelamatkan bumi, segera hapus pesan email yang sudah tidak penting.

Cara Menghapus Email di HP Xiaomi

Menghapus email di HP Xiaomi bisa dilakukan dengan mudah. Agar lebih mudah, berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial lengkapnya. Pastikan simak tutorialnya hingga tuntas, ya!

Menghapus Pesan Email Satu Persatu

  • Langkah pertama, buka aplikasi Gmail
    di HP Xiaomi kamu.
  • Pada halaman utama, daftar pesan email masuk akan tampil.
  • Tekan dan tahan pesan email yang ingin kamu hapus hingga ber icon ceklis.
  • Setelah itu, tekan dan tahan juga pesan email lain yang ingin dihapus untuk menandainya.
  • Jika sudah, klik ikon tempat sampah yang ada di bagian atas halaman.
  • Setelah itu, pesan email yang kamu pilih dihapus secara otomatis.

Cara Menghapus Email di HP Xiaomi Sekaligus Secara Permanen

Sejatinya, menghapus email dengan cara tadi tidak membuat email benar-benar hilang. Pesan email yang dihapus akan masuk ke menu Sampah.

Meskipun email akan dihapus secara permanen setelah 30 hari, namun agar pesan lebih cepat terhapus, kamu bisa menghapusnya sendiri secara langsung.

Untuk membersihkannya sekaligus secara permanen, kamu perlu menghapusnya lagi dari menu Sampah.

  • Pertama, klik ikon garis tiga horizontal yang ada di halaman utama Gmail.
  • Kemudian, pilih menu Sampah.
  • Nantinya, daftar pesan email yang sebelumnya kamu hapus akan muncul.
  • Untuk menghapusnya sekaligus secara permanen, klik Kosongkan sampah sekarang.
  • Terakhir, klik Kosong untuk memberi konfirmasi.
  • Selesai.

BACA JUGA: Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar di CapCut, Mudah Banget!

Itulah cara menghapus email di HP Xiaomi yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat langsung melalui aplikasi Gmail. Semoga bermanfaat.