Tips & Trik

Cara Menghapus Bookmark di Chrome HP Android, Begini Langkahnya

Cara menghapus bookmark di Chrome sangat diperlukan, terutama oleh pengguna yang mementingkan kerapian serta keoptimalan fungsi fitur bookmark.

Adapun, fitur bookmark sendiri adalah sebuah fitur yang ada di dalam Google Chrome yang berfungsi untuk menyimpan tautan website tertentu agar bisa diakses kembali dengan mudah ketika membutuhkannya kembali.

Dengan menggunakan fitur ini, memungkinkan pengguna membuat daftar halaman website yang bersifat penting atau yang sering dikunjungi lebih mudah diakses kembali tanpa harus repot-repot mengingat dan mengetikkan alamat web tersebut secara manual.

Menyimpan suatu website pada bookmark sangat mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu mengklik ikon bintang yang ada di bagian atas halaman web yang dimaksud. Nantinya, alamat web tersebut akan tersimpan di bookmark.

Ketika perlu mengakses halaman tersebut di kemudian hari, pengguna hanya perlu membuka bookmark dan mengklik website tersebut.

Kemudahannya dalam menambahkan alamat website pada bookmark tak jarang membuat pengguna kurang memperhatikan jumlah bookmark.

Seringkali, beberapa situs atau website yang kurang penting juga masuk ke bookmark. Seiring waktu, hal tersebut akan berpengaruh pada keoptimalan fungsi bookmark itu sendiri.

Bagaimana tidak, bookmark jadi berantakan dan tidak terorganisir dengan baik. Sehingga, bisa merepotkan ketika perlu mengakses suatu website

penting karena sulit dicari keberadaannya.

Untuk itu, pengguna perlu menghapus bookmark yang dirasa sudah tidak penting atau sudah tidak perlu diakses kembali.

Cara Menghapus Bookmark di Chrome

Berikut ini tutorial menghapus bookmark di Google Chrome sebagaimana dilansir Hallo GSM dari laman resmi Bantuan Google Chrome.

  • Langkah pertama, buka Google Chrome di perangkat kamu. Kali ini, kami menggunakan HP Android.
  • Setelah Google Chrome terbuka, klik ikon titik tiga yang ada di kanan atas halaman.
  • Kemudian, akan muncul beberapa menu.
  • Dari menu yang tersedia, klik menu Bookmark.
  • Nantinya, daftar website yang telah kamu bookmark akan ditampilkan.
  • Cari website yang ingin dihapus dari bookmark.
  • Setelah ditemukan, klik ikon titik tiga yang ada di sebelah kanan situs yang dimaksud.
  • Kemudian, untuk menghapusnya dari bookmark, klik menu Hapus.
  • Selesai. Kini, alamat website tersebut telah dihapus dari bookmark.
  • Jika ingin menghapus lebih dari satu bookmark, kamu bisa menandai situs website yang dimaksud dengan menekannya hingga muncul ikon ceklis. Kemudian, tandai akun website lainnya.
  • Setelah itu, hapus dengan klik ikon tempat sampah yang ada di bagian atas.

Perlu diketahui bahwa penghapusan bookmark bersifat permanen. Jika kamu tidak sengaja menghapus bookmark alamat website penting, kamu bisa langsung mengklik Urungkan sesaat setelah penghapusan dilakukan.

Nantinya, penghapusan akan dibatalkan dan alamat website bookmark akan kembali.

Selain menghapus bookmark, kamu juga bisa menambahkan bookmark, mengeditnya, memindahkan bookmark ke folder lain, menata ulang bookmark, hingga membuat folder dengan langkah mudah.

BACA JUGA: Cara Mengosongkan Penyimpanan Gmail dengan Beberapa Metode Mudah

Nah, itu dia cara menghapus bookmark di Chrome yang bisa dilakukan di HP Android. Semoga artikel ini membantu dan sampai jumpa di artikel lainnya.