Tips & Trik

Cara Menghapus Akun Google di HP, Begini Langkahnya

Cara menghapus akun Google di HP ada kalanya dibutuhkan, terlebih ketika HP login ke banyak akun yang membuat berbagai notifikasi bermunculan.

Akun Google termasuk hal penting yang perlu dimiliki oleh pengguna smartphone. Dengan akun Google, pengguna bisa menikmati berbagai layanan penting dari Google.

Seperti yang kita tahu, Google menawarkan berbagai layanan, yang diantaranya adalah Google Maps, Google Meet, Google Play Store, Google Lens, Google Docs, dan masih banyak lagi.

Untuk menikmati berbagai layanan besutan Google tersebut, pengguna perlu membuat akun, kemudian login ke akun tersebut.

Pada sebuah perangkat, pengguna bisa login dengan beberapa akun Google. Perlu diingat bahwa informasi login akun perlu dijaga keamanannya.

Jika akun Google kamu pernah kamu gunakan login di HP atau perangkat lain, misalnya perangkat saudara atau teman, segera logout atau hapus akun Google kamu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti disebutkan di awal, penghapusan akun juga perlu dilakukan jika HP kamu pernah digunakan login ke berbagai akun.

Penghapusan akun Google pada HP Android bisa dilakukan melalui menu Pengaturan. Caranya juga terbilang mudah.

Agar lebih mudah, simak tutorial lengkapnya di bawah ini hingga tuntas.

Cara Menghapus Akun Google di HP

Langsung saja, berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial menghapus akun Google di Play Store yang tentunya bisa diikuti dengan mudah. Pastikan simak hingga tuntas, ya

!

Buka Pengaturan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Pengaturan atau Settings di HP yang kamu gunakan.

Kamu bisa membuka Pengaturan dari Home Screen, bar notifikasi, atau melalui pencarian aplikasi. Pada halaman pengaturan, berbagai kategori pengaturan akan muncul.

Klik Kategori Pengguna & akun

Dari berbagai kategori yang tersedia, buka kategori Pengguna & akun. Kategori tersebut ada di bagian bawah halaman Pengaturan. Jadi, kamu perlu menggulir layar terlebih dahulu.

Selain kategori Pengguna & akun kamu juga bisa mengklik kategori Kata sandi & akun, Akun & cadangan, atau Akun & sinkronisasi untuk masuk ke pengaturan akun pada HP yang kamu gunakan.

Nantinya, berbagai akun pribadi seperti akun Telegram, Facebook, Google Meet, Google, Twitter, dan lainnya akan muncul.

Hapus Akun Google

Untuk menghapus akun, klik akun Google yang akan dihapus dari HP kamu. Setelah beralih ke halaman Google, klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

Kemudian, akan ada dua opsi. Ada opsi Sinkronkan sekarang dan opsi Hapus akun. Pilih opsi Hapus akun.

Setelah itu, simak informasi yang tampil. Jika sudah yakin ingin menghapus akun Google tersebut dari HP kamu, klik Hapus akun dan masukkan password jika diminta.

Setelah itu, akun Google tersebut akan dihapus dari HP kamu. Termasuk semua pesan, kontak, dan data lainnya yang tersimpan di akun tersebut akan dihapus juga dari HP.

Selesai. Hingga tahap ini, penghapusan akun Google telah berhasil.

Tutorial di atas dipraktikkan di HP Realme dengan realme UI V3.0. Meski begitu, kamu bisa menyesuaikan jika menggunakan HP dengan merk lain.

BACA JUGA: Cara Pasang Alarm di HP Realme dengan Mudah, Coba Sekarang Biar Selalu On Time!

Demikian tutorial menghapus akun Google di HP yang bisa dilakukan dengan langkah mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.