Tips & Trik

Cara Mengganti Notifikasi WA Sesuai Keinginan, Buruan Coba!

Merasa bosan dengan nada notifikasi WA di HP kamu? Tenang sja, karena ada cara mengganti notifikasi WA yang bisa dilakukan dengan mudah, lho.

Tak bisa dipungkiri, kini WhatsApp digunakan hampir setiap waktu oleh pengguna smartphone di Indonesia, bahkan dunia.

Aplikasi pesan instan ini banyak dipilih karena menawarkan tampilan yang sederhana dan user friendly, serta berbagai fitur menarik.

WhatsApp digunakan untuk menunjang aktivitas komunikasi bahkan untuk bisnis online. Kini, sudah banyak fitur yang ditawarkannya untuk membuat para pengguna mendapatkan pengalaman komunikasi yang berkesan.

Salah satu fitur yang dimilikinya adalah notifikasi. Dengan notifikasi, memudahkan pengguna mengetahui pembaruan yang ada pada aplikasi.

Ketika ada pesan baru atau ada panggilan masuk, pengguna bisa langsung mengetahuinya berkat fitur notifikasi yang mengeluarkan nada.

Jika kamu ingin mengubah nada notifikasi WA, baik itu karena bosan, ingin berbeda dengan pengguna lain yang ada didekatmu, atau alasan lainnya, kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Cara Mengganti Notifikasi WA

Berikut ini tutorial mengganti notifikasi WhatsApp yang bisa diikuti dengan mudah. Pastikan simak tutorialnya hingga tuntas, ya!

Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengganti suara notifikasi WA adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp

.

Pada halaman chat, klik ikon titik tiga horizontal yang ada di pojok kanan atas. Nantinya, akan muncul beberapa menu.

Cara Ganti Notifikasi WA dengan Membuka Setelan Notifikasi

Klik menu Setelan untuk membuka setelan WhatsApp.

Pada halaman Setelan, klik menu Notifikasi atau Notification. Selanjutnya, kamu akan disuguhkan dengan berbagai opsi pengaturan notifikasi WA pada halaman Notifikasi.

Ganti Notifikasi WA

Untuk mengganti notifikasi pesan masuk, klik menu Nada notifikasi pada bagian Pesan. Nantinya, berbagai nada dering notifikasi sistem akan ditampilkan.

Kamu bisa mendengarkan suara notifikasi satu per satu untuk memilih nada yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan nada notifikasi audio atau musik yang ada pada penyimpanan perangkat.

Untuk mengganti notifikasi WA dengan musik yang ada di HP kamu, klik menu Di perangkat ini dan cari musik yang akan dijadikan nada notifikasi.

Jika ingin mengubah nada notifikasi WA grup, scroll menu di halaman Notifikasi dan perhatikan pada bagian Grup. Klik menu Nada notifikasi. Kemudian, cari dan pilih nada yang sesuai.

Untuk mengubah nada panggilan masuk, klik menu Nada dering pada bagian Panggilan di halaman Notifikasi.

Setelah itu, berbagai nada notifikasi WA akan muncul dan kamu bisa memilihnya sesuka hati. Kamu juga bisa mengganti nada panggilan WA dengan musik yang ada pada perangkat dengan mengklik menu Di perangkat ini. Klik musik yang dimaksud, dan nada dering panggilan WA otomatis akan berganti.

BACA JUGA: Cara Mengirim Foto Lewat Bluetooth di HP Android dengan Mudah dan Cepat

Nah, itulah cara mengganti notifikasi WA. Mudah dan menarik, bukan? Sekarang, giliran kamu mempraktikkannya. Selamat mencoba dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.