Tips & Trik

Cara Mengetahui Nomor HP Sendiri, Paling Mudah dan Efektif!

Cara mengetahui nomor HP sendiri bisa dibilang mudah. Biasanya, yang mencari tutorial ini orang-orang yang lupa dengan nomor yang sedang digunakan.

Jika kamu termasuk salah satunya, tenang saja. Pasalnya, pada artikel ini kami telah menyediakan beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor HP sendiri.

Seperti yang kita tahu, nomor HP merupakan nomor penting yang harus diketahui, bahkan diingat. Dengan mengetahui nomor HP yang digunakan, siapapun bisa berkomunikasi, hingga menikmati layanan yang ditawarkan oleh operator seluler.

Akan tetapi, tak jarang seseorang melupakan nomor HPnya sendiri. Alhasil, pengguna kesulitan ketika perlu suatu layanan dari operator seluler yang digunakan.

Hingga saat ini, terdapat beberapa operator seluler yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, Tri, dan Indosat.

Setiap operator seluler memberikan berbagai fasilitas untuk kemudahan dan kenyamanan setiap penggunanya. Seperti kemudahan dalam mengecek pulsa, membeli kuota internet, termasuk mengecek nomor HP yang digunakan.

Cara Mengetahui Nomor HP Sendiri

Berikut ini beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor HP sendiri, selain melihat nomor dari kemasan kartu SIM. Pastikan simak tutorialnya hingga tuntas, ya!

Melalui Kode UMB

Metode pertama yang bisa dipilih untuk mengetahui nomor HP sendiri adalah melalui kode UMB. Tentunya setiap operator seluler memiliki kode UMB yang berbeda.

Untuk itu, kode UMB operator seluler yang kamu gunakan penting untuk diketahui untuk mengecek nomor yang digunakan, mengecek pulsa, hingga mengakses layanan lainnya.

Pemilik nomor Telkomsel dan Smartfren, pengecekan nomor bisa dilakukan dengan menghubungi kode *888#. Atau *123# untuk pengguna XL.

Nantinya, akan muncul berbagai menu. Silahkan pilih menu yang mengarah ke nomor HP yang sedang digunakan.

Cara ini tidak membutuhkan koneksi internet ataupun pulsa. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui nomor HP lebih mudah dan cepat.

Jika belum mengetahui kode UMB dari operator seluler yang digunakan, kamu bisa searching dulu di Google.

Cara Mengetahui Nomor HP Sendiri via Aplikasi

Kebanyakan provider penyedia jaringan telekomunikasi saat ini menyediakan fasilitas berupa aplikasi, dimana pada aplikasi tersebut terdapat berbagai layanan dan informasi yang bisa didapatkan.

Untuk pengguna Telkomsel, kamu bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Jika kamu pengguna Smartfren, bisa menggunakan aplikasi MySmartfren.

Buka aplikasinya terlebih dahulu. Nantinya, informasi nomor HP yang kamu gunakan akan ditampilkan di halaman utama aplikasi.

Khusus cara ini, bisa dilakukan jika sebelumnya kamu telah mendaftarkan nomor HP ke dalam aplikasi. Sehingga, informasi nomor HP bisa ditampilkan.

Cek Melalui Telepon atau SMS

Selain melalui dua metode tadi, kamu juga bisa mengetahui nomor HP sendiri dengan cara menelpon atau mengirim SMS ke nomor lain. Baik itu nomor teman atau keluarga untuk menanyakan nomor yang kamu gunakan atau nomor kamu yang lain.

Cara ini tentu membutuhkan pulsa yang cukup. Kecuali jika kamu melakukan panggilan ke nomor kamu yang lain dan hanya melihat riwayat panggilannya saja untuk mengetahui nomor yang digunakan.

Ketahui Nomor HP dari Customer Service

Metode terakhir untuk mengetahui nomor HP yang kamu gunakan adalah dengan menghubungi customer service.

Kamu bisa menanyakan nomor HP yang sedang kamu gunakan ke customer service via telepon dengan nomor CS sesuai operator yang kamu gunakan.

Nantinya, akan ada customer service yang akan membantu kamu untuk mengetahui nomor HP yang kamu gunakan.

BACA JUGA: Cara Agar Kamera Tidak Mirror Saat Video Call WhatsApp Oppo, Coba Metode Ini!

Cara mengetahui nomor HP sendiri dengan berbagai metode telah dibahas tuntas. Sekarang, giliran kamu mempraktekkan metode di atas yang sesuai untuk mengetahui nomor HP yang sedang digunakan. Semoga bermanfaat.