Tips & Trik

Cara Mengetahui HP Disadap atau Tidak, Cek Sebelum Terlambat!

Cara mengetahui HP disadap bisa dilakukan dengan mendeteksi apakah ciri-cirinya ada atau terjadi pada HP kamu atau tidak.

Pengguna smartphone sangat penting untuk mengetahui cara mendeteksi HP disadap demi menjaga keamanan data-data penting yang ada.

Apalagi, zaman sekarang hampir semua hal penting disimpan di HP. Seperti akun m-banking, e-wallet, dokumen, dan sebagainya.

Kemajuan teknologi memang membuat hampir segala aktivitas manusia menjadi lebih mudah, praktis, dan hemat.

Di sisi lain, kemajuan teknologi juga tak sedikit yang memanfaatkannya untuk melakukan kecurangan dan kejahatan yang merugikan orang lain.

Salah satu kejahatan yang menggunakan dunia teknologi adalah penyadapan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada berbagai kemungkinan kenapa orang lain melakukan penyadapan pada HP. Penyadapan bisa dilakukan demi kepentingan pribadi yang tentunya pemilik HP yang disadap akan mendapat kerugian.

Pelaku penyadapan biasanya mencari data-data pribadi, data penting, bahkan bisa menguras rekening pengguna HP yang disadap.

Salah satu ciri bahwa HP sedang disadap adalah munculnya bunyi aneh seperti klik ketika sedang melakukan panggilan telepon.

Pengguna smartphone memang rentan terhadap penyadapan. Terutama jika pernah menginstal aplikasi pihak ketiga dari sumber tidak resmi dengan berbagai fungsinya yang menggiurkan namun sebenarnya membahayakan.

Hingga saat ini, sudah banyak kasus kejahatan dan kerugian yang terjadi akibat penyadapan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pengguna smartphone bisa mengecek apakah HP disadap atau tidak dengan mendeteksi adanya ciri-ciri HP disadap.

Cara Mengetahui HP Disadap

Berikut ini Hallo GSM sajikan beberapa ciri-ciri HP disadap yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Adanya Backsound yang Tidak Biasa

Ciri pertama adalah munculnya latar belakang suara aneh seperti bunyi ‘klik‘, ‘bip’, atau bunyi teratur lainnya ketika ditengah-tengah melakukan telepon atau bahkan ketika HP sedang tidak digunakan sekalipun.

Jika HP mengeluarkan bunyi aneh yang tidak biasanya terjadi beberapa kali dalam satu menit, kemungkinan besar HP sedang disadap.

Meski begitu, ini bukanlah indikator pasti yang bisa digunakan untuk menyimpulkan bahwa suatu HP sedang disadap. Jadi, kamu perlu mengecek kerusakan umum lainnya.

Muncul Masalah Pada Baterai Secara Tiba-tiba

Cara mengetahui HP disadap bisa dilakukan dengan mengecek apakah ada masalah pada baterai HP.

Jika kamu merasa baterai HP tiba-tiba cepat habis bahkan perangkat terasa cepat panas padahal tidak dipakai, bisa menjadi petunjuk bahwa HP sedang disadap.

HP yang disadap menggunakan aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga tidak disadari oleh pengguna. Proses tersebut membuat baterai terkuras dan membuat perangkat cepat panas atau overheat.

Lagi-lagi, ini juga belum bisa dijadikan sebagai indikator bahwa HP sedang disadap. Untuk memastikannya, kamu harus memperhatikan ciri lainnya.

HP yang cepat panas atau baterai boros bisa juga karena penyimpanan sudah over kapasitas atau masalah lain pada baterai.

Muncul Aplikasi Baru yang Tiba-tiba Terpasang

Munculnya aplikasi yang sebenarnya tidak kamu instal bisa jadi salah satu ciri HP yang disadap.

Aplikasi berbahaya yang tersebar di internet dan tidak bersumber dari platform resmi seperti Google Play Store atau Apps Store jika di instal bisa menyebabkan aplikasi berbahaya lainnya ikut terpasang secara otomatis.

Untuk itu, pastikan mengunduh aplikasi tambahan dari platform resmi dan harus selalu berhati-hati ketika berselancar di internet.

Panggilan masuk dan SMS Mencurigakan

Ciri lainnya yang menandakan HP sedang disadap adalah muncul panggilan masuk atau SMS dari nomor tidak dikenal berkali-kali.

Apalagi, jika ada orang yang melapor telah menerima pesan dari nomor kamu padahal kamu tidak pernah melakukannya.

Jika hal tersebut terjadi, sangat bisa dipastikan jika HP kamu sedang disadap. Untuk itu, segera blokir nomor yang tidak dikenal dan mencurigakan dengan cara memblokir nomor HP.

BACA JUGA: Cara Menghapus Email di HP untuk Bantu Selamatkan Bumi

Itulah cara melihat HP disadap dengan mendeteksi keadaan HP dari ciri-ciri yang telah diulas tadi. Semoga bermanfaat dan selalu waspada dalam menggunakan smartphone dan internet.