Tips & Trik

Cara Mengembalikan Saldo DANA yang Salah Kirim dengan Beberapa Metode

Sedang mencari cara mengembalikan saldo DANA yang salah kirim? Kamu mengklik artikel yang tepat. Kali ini, kami akan membahasnya secara lengkap.

Bukan rahasia lagi, DANA menjadi salah satu dompet digital yang populer dan banyak digunakan di Indonesia.

E-wallet yang satu ini memiliki antarmuka sederhana, sehingga memudahkan siapapun yang ingin menggunakannya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, termasuk transfer saldo dana ke dana lainnya atau ke rekening bank.

Salah mengirim saldo dana adalah hal yang sering terjadi pada kegiatan transaksi online. Penyebabnya bisa karena kesalahan dalam memasukkan nomor tujuan, nomor rekening, atau karena kesalahan dalam memeriksa detail penerima sebelum melakukan transfer dana.

Perlu diketahui bahwa sesuai dengan Syarat dan Ketentuan DANA Indonesia, pengguna bertanggung jawab untuk memastikan ketepatan data dan informasi tujuan transfer. Dilansir dari situs resmi Pusat Bantuan DANA.

Maka dari itu, saldo atas instruksi transfer yang telah berhasil tidak bisa dikembalikan atau dibatalkan.

Meski begitu, pengguna masih bisa mengembalikan saldo DANA dengan langkah khusus. Bagi kamu yang juga mengalami salah kirim transfer di DANA, kamu bisa menyimak dan ikuti langkah pengembalian dana di bawah ini.

Cara Mengembalikan Saldo DANA yang Salah Kirim

Di bawah ini terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengembalikan saldo DANA yang salah kirim sebagaimana dilansir dari situs resmi Pusat Bantuan DANA dan sumber lainnya. Pastikan simak hingga tuntas, ya!

Cek Detail Transaksi

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah mengirim saldo dana ke nomor rekening yang salah adalah periksa kembali detail transaksi.

Jika status transaksi gagal, maka kamu tidak perlu khawatir, karena saldo DANA kamu tidak akan berkurang.

Akan tetapi, jika transaksi berhasil, kamu bisa mengembalikan dana dengan metode selanjutnya.

Cara Mengembalikan Saldo DANA yang Salah Kirim dengan Menghubungi Penerima

Segera hubungi penerima dana transfer untuk meminta pengembalian uang. Kamu bisa dengan mudah menghubungi penerima jika transfer ke nomor GoPay, DANA, atau E-Wallet lainnya.

Silahkan hubungi nomor HP yang kamu kirimi saldo melalui fitur SMS, telepon, atau melalui aplikasi chat. Sampaikan bahwa kamu salah transfer sejumlah saldo DANA. Sertakan bukti transfer dan mohon kesediaannya untuk mengembalikan saldo DANA tersebut.

Hubungi Asisten Digital DANA

Jika kamu mengirim saldo DANA ke rekening bank, maka tidak ada nomor HP yang bisa dihubungi secara langsung.

Dalam hal ini, kamu bisa menghubungi pihak penerima transfer dengan cara mengirim keluhan ke DIANA (Asisten Digital DANA).

Keluhan bisa disampaikan melalui aplikasi DANA. Klik tab Saya pada menu Pusat Resolusi untuk bantuan selanjutnya.

Minta Bantuan Hukum

Terakhir, jika semua metode tadi tidak membuahkan hasil, kamu bisa meminta bantuan dari pihak hukum yang berwenang untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Silahkan konsultasikan dengan lembaga hukum terkait untuk mencari solusi atas kesalahan pengiriman saldo dana yang telah terjadi.

Perlu diingat bahwa DANA Indonesia hanya berperan sebagai mediator untuk menghubungkan pengguna dengan penerima uang. Sebelum melakukan transaksi, dimohon untuk selalu memastikan nomor telepon atau nomor rekening tujuan sudah sesuai. Pasalnya, pihak DANA Indonesia tidak menjamin untuk mengganti uang atau saldo DANA pengguna bisa kembali.

BACA JUGA: Cara Mencari Efek di TikTok untuk Video dan Foto, Gampang Banget!

Demikian pembahasan mengenai cara mengembalikan saldo DANA yang salah kirim. Semoga bisa membantu. Selalu pastikan informasi dan data transfer sudah benar sebelum melakukan transfer untuk menghindari kejadian serupa terulang kembali.