Tips & Trik

Cara Mengecilkan Font di HP Vivo dengan Metode Mudah Tanpa Aplikasi

Ukuran font di HP terlalu besar? Kamu bisa mengatasinya dengan mengikuti cara mengecilkan font di HP Vivo yang kami sajikan pada artikel ini.

Seperti diketahui, Vivo menjadi salah satu merk smartphone dengan banyak pengguna setia di Indonesia. Merk ini digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak muda, hingga orang tua juga menggunakan HP buatan Tiongkok ini.

Pengaturan awal HP Vivo dibuat dengan sederhana. Bahkan, huruf atau fontnya juga dibuat dengan format reguler yang cocok untuk semua kalangan.

Akan tetapi, beberapa pengguna Vivo terkadang merasa ukuran font pada HP yang digunakannya terlalu besar. Keluhan ini biasanya dialami oleh pengguna kalangan anak muda.

Bagaimana tidak, ukuran font yang terlalu besar tentu membuat tidak nyaman, terutama jika sedang berada di tempat umum.

Bisa-bisa, orang lain yang ada di dekat pengguna bisa mengetahui dan membaca kegiatan apapun yang dilakukan pengguna di HP.

Untungnya, Vivo memiliki pengaturan yang memungkinkan para penggunanya untuk mengatur ukuran font dengan mudah secara mandiri, tanpa perlu bantuan aplikasi apapun.

Cara Mengecilkan Font di HP Vivo

Di bawah ini telah kami sajikan tutorial lengkapnya yang bisa kamu simak dan ikuti dengan mudah.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tutorial kali ini menggunakan HP Vivo dengan Funtouch OS 12. Jadi, dalam praktiknya mungkin kamu perlu sedikit menyesuaikan dengan HP Vivo yang digunakan. Terlebih, jika versi antarmukanya berbeda.

Buka Pengaturan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengecilkan ukuran font adalah buka Pengaturan di HP Vivo yang kamu gunakan. Pasalnya, fitur untuk mengubah ukuran font HP ada di menu Pengaturan.

Pengaturan bisa kamu akses melalui home screen, daftar aplikasi, atau melalui control center.

Setelah pengaturan HP terbuka, seperti biasa kamu akan disuguhkan dengan berbagai kategori pengaturan.

Buka Tampilan dan Kecerahan – Cara Mengecilkan Font di HP Vivo

Dari berbagai kategori pengaturan yang ada, silahkan klik Tampilan dan Kecerahan. Menu tersebut sangat mudah ditemukan, karena ada di urutan ketiga dari atas.

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke sebuah halaman, dimana pada halaman tersebut tingkat kecerahan, fitur perlindungan mata, tema HP, waktu tunggu layar, hingga ukuran font

bisa kamu sesuaikan.

Langkah selanjutnya, silahkan klik menu Ukuran font & tampilan. Untuk mengecilkan font di HP kamu, ikuti langkah selanjutnya.

Perkecil Ukuran Font

Setelah mengklik menu Ukuran font & tampilan, kamu akan dialihkan ke sebuah halaman yang menyediakan teks contoh dan juga slider untuk mengubah ukuran font serta ukuran tampilan.

Untuk memperkecil ukuran font di HP Vivo kamu, silahkan geser ikon bulat ke bagian kiri. Nantinya, preview font di bagian atas akan menampilkan ukuran font yang kamu pilih.

Silahkan geser ikon tersebut hingga ukuran font sesuai dengan yang diinginkan. Semakin ke kiri kamu menggeser ikon bulat tersebut, semakin kecil ikon pada HP Vivo kamu. Begitupun sebaliknya.

Ada lima ukuran font yang bisa kamu pilih. Dari paling kiri, ada ukuran kecil, Default, Besar, Ekstra besar, dan Terbesar. Pilih sesuai kebutuhan.

Jika sudah sesuai, klik ikon kembali dan ukuran font di HP kamu otomatis berubah sesuai pilihan.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Masa Tenggang, Begini Panduannya

Nah, itu dia cara mengecilkan font di hp Vivo. Caranya sangat mudah, bukan? Sekarang, giliran kamu untuk mempraktikkan semua langkah-langkahnya. Semoga bermanfaat.