Tips & Trik

Cara Mengatur Kecerahan Layar HP Xiaomi dengan Mudah dan Praktis, Bisa Otomatis!

Cara mengatur kecerahan layar HP Xiaomi perlu diketahui penggunanya agar penggunaan menjadi lebih nyaman, terutama kenyamanan pada mata.

Layar merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada gadget, termasuk HP. Layar termasuk perangkat output yang menampilkan grafik gambar, foto, hingga video yang memuat informasi yang bisa diketahui oleh penggunanya.

Banyaknya aktivitas yang perlu ditunjang dengan teknologi yang ada pada smartphone atau HP, membuat HP sering digunakan kapanpun dan dimanapun.

Tak bisa dipungkiri, kini penggunaan HP hampir setiap hari, bahkan setiap waktu. Pada sebagian orang, penggunaannya bahkan bisa berlangsung dari waktu pagi hingga siang, atau dari siang hingga malam.

Penggunaan HP dalam kondisi cahaya sekitar yang berubah, misalnya dari terang ke gelap atau dari gelap ke terang perlu disesuaikan dengan cahaya pada HP yang digunakan.

Hal tersebut tentunya agar aktivitas yang dilakukan pada HP lebih optimal dan nyaman. Terutama, pada pandangan mata.

Penggunaan HP pada lingkungan minim cahaya tentunya akan tidak nyaman jika cahaya layar terlalu terang. Begitupun ketika menggunakan HP dalam lingkungan yang sangat terang, jika cahaya layar terlalu redup, penggunaan HP tidak akan maksimal.

Dengan cahaya yang sesuai antara lingkungan dan juga layar, tentunya penggunaan akan jauh lebih nyaman dan terhindar dari resiko terjadinya kerusakan pada mata.

Bukan hanya soal kesehatan mata serta kenyamanan, kecerahan cahaya pada layar juga memiliki pengaruh pada konsumsi daya.

Jika layar terlalu cerah, maka konsumsi daya juga terkuras, hingga daya baterai bisa cepat habis. Berbeda dengan cahaya yang lebih redup, tentunya konsumsi daya lebih sedikit.

Cara Mengatur Kecerahan Layar HP Xiaomi

Kecerahan layar smartphone yang ada di pasaran saat ini bisa disesuaikan secara manual oleh penggunanya.

Pengaturannya juga sangat mudah dan praktis. Hanya dengan beberapa klik saja, kecerahan layar HP bisa diubah sesuai keinginan.

Menariknya, HP Xiaomi memiliki fitur khusus yang memungkinkan layar mengubah kecerahan secara otomatis. Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot mengatur kecerahan layar. Layar otomatis akan redup dan kembali cerah sesuai dengan kondisi cahaya sekitar.

Untuk lebih jelasnya, berikut Hallo GSM bagikan tutorial lengkapnya.

Atur Kecerahan Layar HP Secara Manual

Mengatur kecerahan layar HP Xiaomi bisa dilakukan dengan mudah dengan mengakses status bar.

Akses status bar dengan menggeser layar dari atas ke arah bawah. Setelah muncul berbagai menu seperti di bawah ini, geser kolom berikon matahari ke atas untuk meningkatkan kecerahan, atau ke bawah untuk meredupkan layar.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur kecerahan layar dari menu Setelan. Buka Setelan > Tampilan > Tingkat kecerahan. Kemudian, geser bar kecerahan layar ke samping kiri atau kanan sesuai dengan keinginan.

Cara Mengatur Kecerahan Layar HP Xiaomi Otomatis

Untuk membuat layar otomatis redup dan cerah secara otomatis tanpa perlu mengklik apapun, kamu perlu mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu.

  • Langkah pertama, buka Setelan di HP Xiaomi.
  • Kemudian, klik kategori Tampilan.
  • Selanjutnya, klik menu Tingkat kecerahan.
  • Setelah itu, aktifkan fitur kecerahan layar otomatis dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu Kecerahan otomatis.
  • Selesai.

Setelah mengaktifkan fitur Kecerahan otomatis (Auto brightness), kecerahan layar akan menyesuaikan dengan kondisi cahaya sekitar secara otomatis.

BACA JUGA: Cara Cek Status Service Xiaomi Secara Online untuk Mengetahui Riwayat Perbaikan HP

Nah, itulah cara mengatur kecerahan layar HP Xiaomi secara manual dan otomatis yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.