Tips & Trik

Mudah, Begini Cara Mengatasi WhatsApp Lemot, Auto Lancar Lagi!

WhatsApp kamu lemot? Jangan dongkol dulu, karena ada cara mengatasi WhatsApp lemot yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah, lho.

Lemot dalam dunia gadget ialah kondisi dimana perangkat atau suatu aplikasi lambat dalam beroperasi atau dalam menjalankan perintah dari penggunanya.

Tidak bisa dipungkiri, hal tersebut pastinya membuat siapapun merasa jengkel, sekaligus bertanya-tanya kenapa aplikasi atau perangkat yang dipakai lemot.

Apalagi, jika masalah tersebut terjadi ketika pengguna tengah melakukan pekerjaan, tugas sekolah, atau chattingan dengan doi.

Lemot bisa terjadi pada perangkat dan aplikasi apa saja, seperti smartphone, laptop, komputer, tablet, aplikasi WhatsApp, dan lain-lain.

Jika aplikasi WhatsApp kamu tengah lemot, simak artikel ini hingga tuntas untuk mendapatkan solusinya.

Seperti yang kita tahu, WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang sudah dianggap wajib ada di setiap smartphone.

Pasalnya, saat ini hampir seluruh pengguna smartphone menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi di setiap harinya.

Melalui WhatsApp atau biasa disebut WA, pengguna bisa berkirim pesan, melakukan panggilan suara, video call, berbisnis, dan berbagi story dengan mudah dan cepat secara online.

Berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua memilih menggunakan aplikasi ini untuk berbagai keperluan.

Sehingga, jika WA mengalami gangguan atau memiliki masalah seperti lemot, maka akan cukup merepotkan penggunanya.

Untuk itu, pengguna setia WhatsApp sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Nah, berikut ini Hallo GSM sajikan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi WhatsApp lemot.

Cara Mengatasi WhatsApp Lemot

Pada umumnya, WhatsApp lemot terjadi karena kesalahan pada sistem operasi smartphone atau sistem pada aplikasi itu sendiri. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Restart Perangkat

Langkah pertama dan paling mudah untuk mengatasi WhatsApp lemot adalah dengan merestart perangkat yang kamu gunakan, contohnya HP.

Restart terbukti bisa mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan kinerja sistem perangkat seperti lemot, lag, dan lain sebagainya.

Untuk memulai ulang atau restart HP, tekan dan tahan tombol Power atau kombinasi tombol Power dan Volume atas selama beberapa detik.

Setelah muncul pilihan, geser ikon toggle switch ke menu Restart atau Hidupkan ulang. Setelah itu, HP akan mati dan tunggu hingga menyala kembali.

Cara Mengatasi WhatsApp Lemot dengan Membersihkan Cache

Setiap aplikasi menyimpan data cache yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara untuk memudahkan pengguna dalam mengaksesnya lagi.

Akan tetapi, data cache yang dibiarkan menumpuk akan menyebabkan kinerja aplikasi bahkan perangkat menjadi menurun yang ditandai dengan lemot, lag, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi WhatsApp lemot, bisa dengan menghapus data cache yang ada pada WhatsApp.

Caranya, buka Pengaturan > Aplikasi > Manajemen Aplikasi. Cari dan klik WhatsApp, kemudian klik Penggunaan penyimpanan > Hapus Cache.

Selain menghapus cache, kamu juga bisa menghapus data WhatsApp untuk pembersihan yang lebih baik lagi.

Perlu diperhatikan, sebelum menghapus data, pastikan kamu telah mencadangkan semua data dan chat penting yang ada di WA.

Hal ini karena proses hapus data akan menghapus semua data secara permanen dan membuat aplikasi WhatsApp menjadi seperti baru diinstal lagi. Sehingga, kamu perlu login kembali ketika ingin memakainya lagi.

Perbarui WhatsApp

WhatsApp lemot bisa juga karena aplikasinya belum diupgrade atau diperbarui. Versi aplikasi yang lawas membuat kinerjanya tidak optimal.

Sehingga, pembaruan sangat diperlukan. Setiap tersedia versi terbaru, pengguna sangat disarankan untuk segera memperbaruinya.

Karena versi terbaru selain untuk bisa menikmati fitur-fitur baru, namun juga menjadi solusi untuk setiap permasalahan seperti, error, lemot, dan lain-lain.

Kamu bisa memperbarui WhatsApp dengan mudah melalui Google Play Store atau App Store. Caranya, buka Play Store atau App Store, cari aplikasi WhatsApp, kemudian klik tombol Update atau Perbarui untuk memperbaruinya.

Hapus WA dan Instal Ulang

Jika WhatsApp telah diperbarui namun masih saja lemot, kamu bisa menghapus dulu aplikasinya, kemudian menginstalnya lagi.

Cara ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama saja dengan menghapus data WhatsApp. Dengan menghapusnya, semua data dan sistem pada aplikasi WhatsApp yang memiliki masalah akan dihapus dan diganti dengan yang baru.

Sebelum menghapus aplikasi WA, pastikan data serta chat penting telah di backup atau dicadangkan terlebih dahulu agar kamu bisa memulihkannya setelah menginstal aplikasinya lagi.

Pastikan juga kamu menginstal aplikasi WhatsApp versi terbaru dari Google Play Store atau App Store.

BACA JUGA: Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp, Bisa Tanpa Aplikasi Tambahan

Itulah beberapa cara mengatasi WhatsApp lemot yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga artikel ini membantu permasalahan di aplikasi WhatsApp kamu.