Tips & Trik

Cara Mengatasi Senter HP Realme Tidak Menyala dengan Beberapa Metode Mudah

Senter HP Realme kamu tidak menyala? Jangan panik dulu, karena ada cara mengatasi senter HP Realme tidak menyala yang bisa dilakukan dengan mudah.

Hampir semua smartphone saat ini dilengkapi dengan fitur senter atau LED Flash di bagian belakang perangkat.

LED Flash ini memiliki fungsi penting. Bisa sebagai tambahan pencahayaan ketika memotret sesuatu, atau untuk penerangan ketika berada di tempat yang minim cahaya, alias gelap.

Jika kamu mendapati senter HP kamu tidak menyala seperti biasanya, jangan buru-buru membawanya ke service center, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya secara mandiri.

Cara Mengatasi Senter HP Tidak Menyala

Beberapa metode di bawah ini bisa dilakukan sebagai upaya mengatasi senter HP yang tidak menyala. Pastikan simak dan ikuti hingga tuntas, ya!

Restart HP

Metode pertama yang bisa dilakukan ketika senter HP tidak menyala adalah dengan merestart HP. Sangat besar kemungkinan jika senter tidak bisa menyala karena ada masalah pada sistem HP.

Restart atau memulai ulang HP terbukti mengatasi berbagai permasalahan ringan pada sistem yang menimbulkan gangguan-gangguan seperti HP lemot, hang, error, dan lainnya.

Lampu senter tidak berfungsi yang disebabkan adanya masalah pada sistem HP bisa diatasi dengan restart. Proses restart membuat sistem dan kinerja HP direfresh kembali dan membuatnya jadi optimal.

Restart HP bisa dilakukan dengan menekan tombol Power

selama beberapa detik atau menekan kombinasi tombol Power + Volume atas bersamaan.

Setelah itu, klik menu Refresh atau Mulai ulang dan proses restart akan dimulai. Tunggu hingga proses selesai yang ditandai dengan HP menyala kembali. Setelah itu, gunakan HP seperti biasanya. Coba kembali nyalakan senter.

Cara Mengatasi Senter HP Tidak Menyala dengan Memakai Aplikasi Tambahan

Jika fitur senter di HP kamu sedang bermasalah dan tidak bisa menyala seperti biasanya, kamu bisa menginstal aplikasi senter untuk bisa menyalakan senter.

Aplikasi senter bisa didownload melalui Google Play Store. Salah satu yang bisa digunakan yaitu aplikasi Flash Light.

Aplikasi ini bisa mengontrol senter dan memiliki fitur menarik. Aplikasinya memungkinkan senter menyala dengan berkedip-kedip.

Hapus Cache Aplikasi Senter

Jika sebelumnya kamu memang menggunakan aplikasi senter di HP kamu, dan kini senter HP tidak menyala, bersihkan cache aplikasi senter tersebut.

Dalam beberapa kasus, cache aplikasi yang menumpuk menjadi penyebab terjadinya penurunan kinerja aplikasi.

Semakin sering aplikasi senter dibuka, semakin banyak juga cache yang disimpan. Untuk menghapus cache, di bawah ini langkah-langkah menghapus cache yang dipraktikkan pada HP Realme dengan realme UI V.4.0. Mungkin perlu penyesuaian ketika praktiknya.

  • Pertama, buka Pengaturan atau Settings di HP kamu.
  • Kemudian, masuk ke kategori Aplikasi > Manajemen Aplikasi.
  • Nantinya, daftar aplikasi di HP kamu akan ditampilkan.
  • Cari aplikasi senter yang kamu gunakan.
  • Setelah itu, klik menu Penggunaan penyimpanan.
  • Terakhir, klik Hapus cache.

Serahkan Ke Service Center Realme

Jika ketiga metode di atas sudah dilakukan namun senter HP tak kunjung menyala, kemungkinan ada kerusakan pada komponen senter.

Kamu bisa membawa HP ke service center Realme terdekat dan serahkan pada ahlinya untuk mengatasi senter HP yang tidak menyala.

BACA JUGA: Cara Mengisi List di WA dengan Mudah, Lengkap dengan Tipsnya

Demikian beberapa cara mengatasi senter HP Realme tidak menyala yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel ini membantu.