Tips & Trik

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul, Mudah dan Dijamin Berhasil!

Bingung karena notifikasi WA tidak muncul? Tenang saja, karena ada cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul yang bisa dilakukan dengan mudah.

WhatsApp menjadi aplikasi yang digunakan hampir setiap hari, bahkan setiap waktu. Tak heran, karena aplikasi ini banyak dipilih pengguna smartphone untuk menunjang komunikasi secara online.

Melalui WhatsApp atau WA, pengguna bisa berkirim pesan baik itu teks, foto, video, dokumen, atau voice note. Pengguna juga bisa melakukan panggilan suara atau panggilan video dengan pengguna lain.

Selain itu, para pengguna juga bisa melakukan aktivitas lain menggunakan fitur yang disediakan WhatsApp.

WhatsApp ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya dalam melakukan aktivitas pada aplikasi tersebut.

Salah satu fitur yang dimilikinya adalah notifikasi. Dengan adanya notifikasi, pengguna bisa lebih mudah mengetahui pembaruan dari WhatsApp.

Seperti adanya pesan baru, atau panggilan tak terjawab. Dengan notifikasi, pengguna bisa langsung membuka dan mengetahui pesan baru atau panggilan baru.

Jika notifikasi tidak muncul, tentu akan menyulitkan penggunanya, terutama jika ada pesan penting masuk. Hal tersebut membuat pengguna terlambat mengetahui hal penting.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan notifikasi WA tidak muncul. Untuk mengetahui solusinya, kamu bisa mencoba tutorial di bawah ini.

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Untuk mengatasi notifikasi WA tidak muncul, pastikan perangkat yang kamu gunakan terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Dikarenakan WhatsApp beroperasi secara online, maka jaringan internet sangat mempengaruhi kinerjanya.

Jika koneksi buruk, kinerja WhatsApp tentu tidak akan maksimal. Termasuk menampilkan notifikasi. Untuk itu, pastikan koneksi internet stabil.

Selain jaringan yang harus stabil, cek juga apakah data seluler dibatasi atau tidak. Notifikasi yang tidak muncul bisa saja dikarenakan data seluler dibatasi dan membuat perangkat offline

.

Kamu bisa mengecek pembatasan data dari Pengaturan perangkat.

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul dengan Mengaktifkan Notifikasi

Notifikasi WA tidak muncul sangat bisa terjadi jika izin notifikasi pada perangkat atau pada WhatsApp tidak diaktifkan.

Otomatis, ketika notifikasi tidak diizinkan maka ketika ada pesan masuk atau panggilan tak terjawab tentu tidak akan muncul pemberitahuan.

Untuk mengecek izin notifikasi perangkat, buka Pengaturan atau Settings. Kemudian, masuk ke menu Notifikasi & bilah status.

Pada bagian Notifikasi aplikasi, pastikan aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan notifikasinya aktif.

Selain itu, pastikan juga perangkat tidak dalam Mode Jangan ganggu. Pasalnya, jika perangkat dalam Mode Jangan ganggu, notifikasi dari aplikasi apapun tidak akan muncul.

Untuk mengecek notifikasi di aplikasi WhatsApp, buka aplikasi WA. Kemudian, klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas halaman Chat.

Setelah itu, klik menu Setelan, dan klik menu Notifikasi. Pastikan menu Gunakan notifikasi prioritas aktif.

BACA JUGA: Cara Melihat Perangkat yang Terhubung ke Hotspot HP, Cek Sekarang!

Itulah beberapa cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul. Semoga artikel ini bisa membantu.