Tips & Trik

Cara Mengatasi Kontak WA Berubah jadi Nomor, Begini Langkahnya

Kontak WhatsApp tiba-tiba berubah jadi nomor saja? Jangan panik, karena ada cara mengatasi kontak WA berubah jadi nomor yang bisa dilakukan dengan mudah.

Seperti yang kita tahu, WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan yang populer dan banyak dipilih pengguna gadget untuk menunjang aktivitas komunikasi, bahkan bisnis.

Dari banyaknya pengguna, beberapa diantaranya mengalami masalah dimana kontak yang sudah disimpan tiba-tiba muncul hanya nomor.

Kontak hanya nomor tanpa nama tersebut biasanya muncul di tab Status. Baik itu di deretan informasi status dilihat, atau pada pembaruan status yang dibuat oleh kontak tersebut.

Padahal, nomor kontak tersebut sudah disimpan dengan nama yang benar, namun justru tampil hanya nomor saja.

Perlu diketahui bahwa penyebab munculnya nomor saja pada kontak yang sudah tersimpan disebabkan karena adanya duplikasi kontak.

Ini terjadi ketika pengguna sudah menyimpan kontak di telepon atau kartu SIM, namun ternyata pada akun Google kontak juga tersimpan. Sehingga, ketika pihak WhatsApp meminta izin untuk mengakses kontak, maka terdeteksi duplikat kontak.

Hal itulah yang membuat beberapa kontak menjadi nomor saja. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya dan membuat nama kontak kembali dengan semestinya? Simak terus artikel ini hingga tuntas!

Cara Mengatasi Kontak WA Berubah jadi Nomor

Mengatasi kontak WA yang berubah jadi nomor bisa dilakukan dengan menghapus kontak duplikat, lalu membuat aplikasinya berhenti secara paksa dan mengatur ulang perizinan kontak . Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik langkah-langkahnya di bawah ini.

Hapus Kontak Duplikat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghapus kontak duplikat. Caranya, buka aplikasi Kontak di HP kamu.

Kemudian, cari daftar kontak yang hanya tertera nomor. Kamu bisa menemukannya di jajaran awal atau di deretan kontak paling akhir.

Lalu, hapus nomor kontak yang sama dengan yang tampil di WA. Setelah menghapusnya, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Atur Perizinan untuk Mengatasi Kontak WA yang Berubah jadi Nomor

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menekan aplikasi WhatsApp

yang digunakan pada home screen atau daftar aplikasi.

Nantinya, akan muncul berbagai menu. Dari menu yang tersedia, klik menu Info aplikasi. Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman info aplikasi WhatsApp.

Pada halaman tersebut, klik Paksa berhenti. Konfirmasi dengan mengklik Paksa berhenti pada pop-up. Setelah itu, barulah atur perizinan kontak.

Caranya, klik menu Izin masih pada halaman Info aplikasi. Kemudian, klik menu Kontak dan cabut dulu izin kontak dengan memilih opsi Jangan izinkan.

Setelah itu, kembali ke home screen dan buka aplikasi WhatsApp. Nantinya, nama kontak yang ada di halaman chat WhatsApp akan berubah semuanya menjadi nomor.

Untuk mengembalikan nama kontaknya, termasuk nama kontak yang tiba tiba berubah menjadi nomor, klik ikon chat yang ada di pojok kanan bawah.

Lalu, klik Lanjut dan izinkan WhatsApp mengakses kontak dengan mengklik Izinkan. Setelah itu, kamu akan diarahkan pada halaman berisi daftar kontak yang sudah kembali dengan normal.

Selesai. Kontak yang berubah menjadi nomor juga akan kembali normal dengan nama yang sesuai.

BACA JUGA: Cara Menghapus Inbox di Facebook, Bisa Satu per Satu atau Sekaligus!

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi kontak WA berubah jadi nomor. Silahkan praktekkan, semoga artikel ini bisa membantu.