Tips & Trik

Cara Mengatasi Keyboard HP Realme Tidak Muncul, Begini Langkahnya

Keyboard HP tidak muncul? Jangan panik dulu, karena ada cara mengatasi keyboard HP Realme tidak muncul yang bisa dilakukan dengan mudah.

Seperti yang kita tahu, keyboard atau papan ketik memiliki peranan penting pada HP. Bentuknya virtual dan berfungsi sebagai komponen input.

Keyboard kerap digunakan untuk mengetik pesan di aplikasi chatting seperti WhatsApp, SMS, Telegram, DM Instagram, dan lainnya.

Jika keyboard mengalami error seperti lemot, bahkan tidak muncul sama sekali, tentunya sangat mengganggu. Bagaimana tidak, aktivitas seperti disebutkan tadi, terlebih yang bersifat penting akan terganggu.

Kondisi tersebut perlu segera diatasi agar kinerjanya optimal kembali seperti biasanya. Untuk mengatasinya, pastikan simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Muncul

Berikut ini langkah-langkah yang direkomendasikan untuk mengatasi keyboard HP Realme tidak muncul. Tutorial di bawah ini juga bisa dilakukan di HP Android selain Realme dengan sedikit penyesuaian.

Restart HP

Metode pertama ini bisa dibilang metode paling mudah dan praktis. Namun juga ampuh untuk mengatasinya.

Keyboard HP yang tidak muncul sangat bisa terjadi karena sistem HP tidak berjalan dengan baik. Permasalahan sistem yang ditandai dengan lemot, lag, bahkan suatu fitur tidak muncul, bisa diatasi dengan merestart HP.

Restart atau mulai ulang HP membuat sistem HP di refresh, sehingga kinerjanya kembali optimal.

Untuk restart HP, kamu bisa menekan tombol Power selama beberapa detik atau menekan kombinasi tombol Power dan volume atas secara bersamaan hingga muncul beberapa menu.

Pilih menu Restart atau Mulai ulang. Setelah itu, HP kamu akan direstart. Tunggu hingga proses selesai dan coba gunakan keyboard seperti biasanya.

Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Muncul dengan Hapus Cache

Cache yang menumpuk sangat bisa membuat keyboard bermasalah seperti lemot bahkan tidak muncul sama sekali ketika hendak digunakan.

Untuk mengatasinya, bersihkan cache agar kinerja keyboard kembali seperti semula. Menghapus cache bisa melalui Pengaturan HP.

Caranya, buka Pengaturan HP > Aplikasi > Manajemen Aplikasi. Setelah itu, klik aplikasi keyboard yang digunakan saat ini.

Sekarang ini, kami menggunakan Gboard. Klik Gboard > Penggunaan penyimpanan > Hapus Cache.

Jika perlu, kamu juga bisa menghapus data aplikasi Gboard dengan mengklik Hapus data. Dengan begitu, semua data dan pengaturan pada aplikasi Gboard akan dihapus dan keyboard akan tampil dan beroperasi seperti semula.

Update Keyboard

Selain metode tadi, kamu juga bisa mengatasi keyboard yang tidak muncul dengan mengupdate keyboard. Bisa jadi, keyboard tidak muncul disebabkan versinya yang sudah terlalu lawas.

Itu menyebabkan kinerjanya menurun, bahkan membuat keyboard tidak muncul sama sekali.

Untuk itu, pembaruan keyboard perlu dilakukan. Kamu bisa memperbarui keyboard melalui Google Play Store.

  • Buka Play Store di HP kamu.
  • Klik ikon profil dan klik Kelola aplikasi & perangkat.
  • Selanjutnya, klik menu Update tersedia.
  • Cari Gboard atau aplikasi Keyboard yang kamu gunakan dan klik tombol Update yang ada di sampingnya.

Pakai Keyboard Lain

Jika keyboard masih saja tidak muncul, silahkan coba menggunakan keyboard lain yang tersedia di HP kamu.

Kamu bisa mengubah keyboard dengan membuka Pengaturan Tambahan > Keyboard & metode input. Kemudian, ubah jenis keyboard yang kamu gunakan.

Kamu juga bisa mengganti keyboard dengan aplikasi keyboard dari Google Play Store.

Perbarui Sistem HP

Memperbarui sistem HP juga diperlukan ketika keyboard HP tak kunjung muncul meskipun sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Apalagi, jika merestart HP dan menghapus cache aplikasi tidak bisa mengatasi permasalahan keyboard HP.

Karena bukan hanya permasalahan pada keyboard, namun sistem HP juga sangat berpengaruh pada kinerja keyboard HP itu sendiri.

Perbarui sistem HP melalui Pengaturan atau Setelan. Kamu bisa membuka menu Tentang Perangkat dan lakukan pembaruan sistem.

BACA JUGA: Cara Membuat QR Code Instagram dengan Langkah Mudah dan Praktis

Nah, itu dia cara mengatasi keyboard HP Realme yang tidak muncul. Semoga artikel ini membantu.