Tips & Trik

Cara Mengatasi Kamera Depan Tidak Berfungsi pada HP Android, Mudah dan Efektif!

Selfie terganggu karena kamera depan tidak berfungsi? Jangan kesal dulu, karena ada cara mengatasi kamera depan tidak berfungsi yang bisa dilakukan dengan mudah dan pastinya efektif.

Kehadiran kamera pada HP sangatlah penting. Apalagi, saat ini sudah banyak aplikasi yang mengandalkan kamera untuk bisa menjalankan fitur yang tersedia. Mulai dari media sosial, aplikasi chatting, editing, konferensi video, game, dan lain-lain.

Tak sedikit orang yang membeli HP dengan harga fantastis karena mengincar kualitas kamera yang ada di dalamnya. Hal itu dilakukan tak lain dan tak bukan agar bisa mengambil foto dan merekam video dengan kualitas bagus.

Meskipun harga sebuah HP mahal, namun bisa saja kamera HP mengalami kendala sehingga tidak berfungsi dengan baik.

Jika kamera depan tidak berfungsi, tentunya aktivitas penting pastinya akan terganggu.

Kamera depan yang tidak berfungsi ditandai dengan layar gelap atau muncul notifikasi yang berisi pesan bahwa kamera tidak bisa dioperasikan.

Banyak faktor yang menyebabkan kamera HP tidak berfungsi dengan baik. Seperti masalah pada aplikasi yang dipakai.

Adanya masalah seperti bug pada aplikasi kamera membuat kamera tidak berfungsi dengan semestinya.

Memori perangkat yang penuh juga bisa menjadi penyebab kamera HP tidak bisa dipakai maksimal. Selain itu, kamera yang tidak bisa berfungsi dengan baik juga terjadi ketika ada kerusakan pada hardware. Misalnya, perangkat mengalami benturan keras sehingga terjadi kerusakan atau korsleting.

Jika kamera depan di HP kamu juga mengalami hal yang sama, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa metode.

Cara Mengatasi Kamera Depan Tidak Berfungsi

Untuk mengatasi kamera depan tidak berfungsi, berikut ini Hallo GSM sajikan beberapa metode sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Mulai Ulang atau Restart HP

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merestart atau memulai ulang HP. Metode ini dipercaya dapat memperbaiki error yang terjadi pada sistem perangkat maupun aplikasi.

Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menekan tombol Power beberapa detik atau menekan kombinasi tombol Power dan volume atas bersamaan.

Setelah muncul pop-up, klik Mulai ulang atau Restart. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga HP menyala kembali dan silahkan coba gunakan kamera seperti biasa.

Cara Mengatasi Kamera Depan Tidak Berfungsi dengan Menghapus Cache Aplikasi

Metode berikutnya untuk mengatasi kamera depan tidak berfungsi adalah dengan menghapus cache aplikasi.

Menghapus cache pada aplikasi kamera yang digunakan bisa membuat penyimpanan perangkat sedikit lenggang dan membuat kinerja kamera HP jadi lebih optimal.

Kamu bisa menghapus cache aplikasi kamera dengan mudah dari menu pengaturan.

  • Adapun, caranya adalah buka Pengaturan di HP kamu.
  • Pilih menu Aplikasi > Manajemen aplikasi.
  • Cari aplikasi Kamera.
  • Kemudian, klik menu Penggunaan Penyimpanan.
  • Terakhir, klik Hapus cache.

Update Sistem Operasi

Sistem operasi perlu selalu dipantau agar tidak ketinggalan ketika tersedia versi yang paling baru.

Versi OS yang lawas seringkali menyebabkan suatu aplikasi tidak bisa bekerja dengan optimal. Untuk itu, pastikan sistem operasi HP kamu sudah versi terbaru.

Jika ternyata sistem operasi di HP kamu sudah lama tidak di update, maka segeralah untuk memperbaruinya.

Update sistem operasi caranya mudah. Bisa melalui menu Pengaturan di HP kamu. Jika belum mengetahui caranya, simak artikel cara memperbarui perangkat lunak di HP yang telah Hallo GSM bahas sebelumnya.

Reset Pabrik

Jika tiga metode tadi masih belum membuat kamera HP kamu berfungsi seperti sedia kala, kamu bisa melakukan reset pabrik atau factory reset.

Dengan metode ini, HP akan kembali ke setelan awal seperti ketika baru keluar dari pabrik. Semua pengaturan dan data yang ada di dalamnya, termasuk bug, virus, dan lain-lain ikut terhapus.

Sehingga, penyebab kamera depan hp tidak berfungsi yang tidak terdeteksi bisa teratasi dengan cara ini.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa reset menghapus semua data secara permanen. Jadi, pastikan data-data penting telah dicadangkan atau dipindahkan ke media penyimpanan lain.

Cara reset HP bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa memulainya dengan membuka menu reset pada Pengaturan HP.

Serahkan ke Tempat Service

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi kamera depan HP tidak berfungsi adalah dengan membawanya ke tempat service untuk diperbaiki oleh ahlinya. Apalagi, jika masalahnya ada pada hardware.

Pastikan gunakan jasa service resmi dari merk HP yang kamu pakai, agar jika ada spare part Hp yang harus diganti sesuai dengan merk. Gunakan garansi jika masih memilikinya, agar biaya perbaikan lebih ringan.

BACA JUGA: Cara Translate Pakai Kamera HP Android Tanpa Perlu Buka Google Translate, Jauh Lebih Praktis!

Itulah beberapa cara mengatasi kamera depan tidak berfungsi yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat.