Tips & Trik

Cara Mengatasi HP Vivo yang Tidak Bisa Disentuh dengan Berbagai Metode

Ada beberapa cara mengatasi HP Vivo yang tidak bisa disentuh secara mandiri dan gratis sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat service.

Diantara banyaknya pengguna smartphone, ada beberapa yang mengalami layar HPnya tidak bisa disentuh.

Kejadian tersebut tentunya menjadi masalah yang serius. Bagaimana tidak, layar merupakan komponen input yang memiliki peranan penting pada smartphone dengan touchscreen.

Tentu saja jika layar HP tidak berfungsi dengan maksimal, atau bahkan tidak bisa disentuh, akan menghambat aktivitas penggunanya.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab layar HP tidak bisa disentuh. Salah satunya adalah layar HP kotor, cache menumpuk, atau adanya kerusakan pada layar yang disebabkan terjadinya benturan atau kemasukan air.

Untuk mengatasi layar HP tidak bisa diklik, kamu bisa menyimak dan mengikuti tutorial berikut ini.

Cara Mengatasi HP Vivo yang Tidak Bisa Disentuh

Di bawah ini beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang tidak bisa disentuh. Pastikan ikuti tahapannya, ya!

Matikan HP

Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika HP Vivo tidak bisa disentuh adalah matikan atau nonaktifkan HP.

Silahkan nonaktifkan HP Vivo kamu dengan menekan tombol Power selama beberapa detik hingga muncul beberapa menu.

Klik menu Daya mati. Setelah itu, HP Vivo kamu akan dinonaktifkan.

Akan tetapi, jika layar benar-benar tidak bisa disentuh untuk mengklik menu Daya Mati sekalipun, kamu bisa restart HP secara paksa dengan menekan tombol Power dan tombol perkecil volume (-) secara bersamaan selama 10 detik.

Setelah itu, HP otomatis akan di restart dan akan menyala kembali dengan sendirinya.

Cara Mengatasi HP Vivo yang Tidak Bisa Disentuh dengan Membersihkan Layar

Sambil menunggu HP menyala kembali atau sebelum kamu menyalakan kembali HP, bersihkan layar menggunakan lap atau kain bersih agar terbebas dari benda atau kotoran yang menghalangi layar.

Jika perlu, gunakan kain yang dibasahi sedikit untuk membersihkan noda membandel pada layar. Bersihkan dengan hati-hati sampai layar terbebas dari apapun yang menghalangi sesitifitas dan kinerjanya.

Setelah layar HP benar-benar bersih, silahkan nyalakan kembali HP. Cek kembali layar HP, apakah sudah bisa disentuh seperti biasa atau tidak.

Jika layar masih belum bisa disentuh dengan normal, biarkan HP beberapa saat lalu ikuti metode berikutnya.

Hapus Cache

Seperti disebutkan di awal, salah satu penyebab layar HP tidak bisa disentuh adalah menumpuknya data cache pada HP.

Data cache dari berbagai aplikasi sejatinya sangat bermanfaat bagi pengguna, karena bisa mempercepat akses ketika pengguna membuka kembali aplikasi yang pernah dibuka.

Akan tetapi, jika data cache dibiarkan terus, lama kelamaan akan menumpuk dan berakibat pada kinerja HP. Termasuk membuat HP tidak bisa disentuh, baik itu lemot

ataupun ngelag.

Untuk mengatasinya, bersihkan cache HP sebersih-bersihnya. Caranya, kamu bisa membuka aplikasi bawaan bernama iManager di HP Vivo kamu.

Kemudian, klik menu Pembersihan ruang. Selanjutnya, tunggu HP memindai sampah dan cache, lalu klik Bersihkan semua. Selesai.

Setelah cache dibersihkan, biasanya HP akan bekerja dengan optimal seperti biasa, karena tidak lagi terbebani oleh cache yang menumpuk.

Reset HP

Jika layar HP masih saja sering tidak bisa disentuh, langkah yang bisa dicoba selanjutnya adalah melakukan reset factory.

Metode ini membuat HP dikembalikan ke pengaturan pabrik. Sehingga, pengaturan, data, virus, malware, dan lain-lain yang mengganggu kinerja HP dihilangkan secara permanen.

Dengan begitu, HP akan kembali seperti pertama kali keluar dari pabrik dan bisa beroperasi dengan lancar.

Sebelum melakukan restart HP, pastikan data penting yang tersimpan pada HP telah dialihkan atau dicadangkan. Pasalnya, semua data akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Untuk reset HP, kamu bisa melakukannya melalui menu Pengaturan.

Serahkan ke Tempat Service

Jika terdapat indikasi terjadinya kerusakan pada komponen layar HP Vivo kamu yang membuat tidak bisa disentuh dengan normal, alangkah baiknya langsung saja menyerahkan HP pada tukang service agar bisa diperbaiki dengan tepat.

Terlebih, jika semua metode di atas sudah dilakukan, namun tidak ada perubahan pada kinerja layar, bisa dipastikan ada kerusakan pada komponen layar.

Mungkin saja layar kemasukan air atau HP pernah terjatuh atau tertindih benda berat sebelumnya.

Untuk membawanya ke tukang service, tentu kamu perlu menyiapkan sejumlah dana untuk memperbaikinya.

BACA JUGA: Cara Mengecilkan Font di HP Vivo dengan Metode Mudah Tanpa Aplikasi

Itulah cara mengatasi HP Vivo yang tidak bisa disentuh dengan beberapa metode mudah. Semoga pembahasan ini membantu.