Tips & Trik

Cara Mengatasi HP Realme Ngehang, Coba Langkah Ini!

HP Realme kamu tiba-tiba hang? Jangan panik dulu, karena ada cara mengatasi HP Realme ngehang yang bisa dilakukan secara mandiri, tanpa perlu buru-buru menyerahkannya ke tempat service.

Semua perangkat gadget, termasuk HP bisa mengalami hang. Tak terkecuali HP Realme.

Hang sendiri bisa diartikan sebagai kondisi dimana layar perangkat tiba-tiba tidak merespon sama sekali ketika disentuh. Hang terjadi tentunya bukan tanpa sebab.

Ada beberapa faktor yang membuat HP Realme menjadi hang. Dan untuk mengatasinya, tentu pengguna harus mengetahui lebih dulu apa yang menjadi penyebabnya.

Di antara penyebab HP hang adalah terlalu banyak aplikasi yang beroperasi, aplikasi error, adanya bug pada sistem operasi, RAM penuh, dan mengakses situs ilegal.

Untuk mengatasi HP yang sedang ngehang, langkah yang perlu diambil pertama kali adalah mematikan HP tersebut dengan melakukan restart paksa.

Dengan cara tersebut, HP akan mati dan kemudian bisa menyala kembali. Baru setelah hp menyala kembali, kita bisa mengatasi sesuatu yang menjadi penyebab HP itu hang.

Adapun, untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini. Pastikan simak terus hingga tuntas, ya!

Cara Mengatasi HP Realme Ngehang

Restart HP

Seperti yang disebutkan tadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah restart atau mulai ulang HP. Untuk merestart HP yang ngehang, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

  • Pertama-tama, tekan dan tahan kombinasi tombol Volume atas, bawah, dan tombol Power secara bersamaan.
  • Tahan ketiga tombol tersebut selama beberapa detik hingga layar menampilkan menu Reboot.
  • Setelah itu, konfirmasi reboot. Nantinya, HP akan kembali menyala seperti biasa.
  • Tunggu beberapa saat hingga HP benar-benar aktif.

Setelah HP aktif, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengatasi yang menjadi penyebab HP ngehang sesuai dengan penyebabnya.

Cara Mengatasi HP Realme Ngehang Berdasarkan Penyebabnya

Jika HP Realme kamu ngehang diakibatkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan, untuk mengatasinya kamu bisa mengatur lagi pemakaian aplikasi.

Sehingga, setelah aplikasi satu selesai digunakan, tutup aplikasi tersebut dengan sempurna. Baru kemudian, kamu bisa menggunakan aplikasi lainnya.

Ketika aplikasi error yang menjadi penyebabnya, kamu bisa mencopot pemasangan atau uninstall aplikasi tersebut. Dengan begitu, hang karena aplikasi yang error tersebut tidak akan terulang lagi.

Adapun, jika hang terjadi karena adanya bug pada sistem operasi HP, maka hal yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan memperbarui atau update sistem operasi HP. Kamu bisa update sistem operasi melalui pengaturan atau setelan HP jika sudah tersedia versi baru.

Jika HP hang terjadi bersamaan dengan kapasitas RAM penuh, kosongkan RAM dengan menghapus data-data aplikasi. Cara menghapus cache aplikasi perlu dilakukan untuk menghapus data aplikasi.

Caranya, bisa dengan membuka Pengaturan > Manajemen aplikasi. Kemudian klik aplikasi yang akan dihapus data cache nya, klik Penggunaan Penyimpanan > Hapus Cache.

Setelah mengikuti langkah untuk mengatasi HP ngehang sesuai dengan penyebabnya, pastikan selalu menjaga HP untuk menjauhi faktor penyebab hang. Termasuk menjaga untuk tidak mengakses situs website ilegal yang berbahaya.

BACA JUGA: Cara Cek Mutasi BRI Secara Online Pakai HP, Mudah dan Praktis!

Cara mengatasi HP Realme ngehang telah tuntas dibahas. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa menjadi solusi bagi pengguna HP Realme yang juga mengalami hal serupa. Sampai jumpa di artikel Hallo GSM lainnya.