Tips & Trik

Cara Mengatasi HP Realme Lemot dengan Mudah dan Aman

HP Realme kamu lemot? Jangan kesal dulu, karena ada cara mengatasi HP Realme lemot yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga aman.

Seiring berjalannya waktu, kinerja HP memang wajar saja mengalami penurunan. Selain faktor usia yang sudah cukup lama, ada faktor lain yang menyebabkan penurunan kinerja yang ditandai lemot. Seperti adanya masalah pada software, penyimpanan dan RAM yang penuh, dan lain-lain.

Lemot sendiri merupakan kondisi dimana HP memberi respon lambat ketika menjalankan perintah dari pengguna. Dengan begitu, HP yang lemot menghambat aktivitas.

HP yang sudah mengalami lemot perlu segera diatasi, karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah lain yang lebih serius.

Untuk mengatasi HP Realme lemot dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada beberapa metode yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi HP Realme Lemot

Berikut ini Hallo GSM sajikan beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP Realme yang lemot dengan mudah dan aman. Pastikan simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Hapus Media yang Tidak Penting di Penyimpanan

Langkah pertama yang bisa dilakukan ketika HP sudah mulai lemot adalah dengan menghapus media yang tidak penting seperti foto dengan objek sama, video berukuran besar, atau aplikasi yang jarang digunakan.

Menghapus media yang tidak penting tersebut sebagai upaya untuk menjaga agar kapasitas penyimpanan HP tidak penuh.

Pasalnya, penyimpanan penuh sangat berpotensi membuat kinerja HP menurun yang ditandai dengan lemot atau kurang responsif dalam menerima perintah.

Cara Mengatasi HP Realme Lemot dengan Restart HP

Restart atau memulai ulang HP juga perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan lemot. Metode ini sangat bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai permasalahan sistem, seperti lag, error, lemot, dan lain sebagainya.

Pasalnya, dengan melakukan restart, sistem HP akan di refresh, aplikasi yang berjalan akan ditutup, sehingga HP bisa bekerja dengan optimal kembali setelah proses restart selesai.

Untuk merestart HP Realme, kamu bisa menekan tombol Power selama 3 detik dan klik tombol Hidupkan ulang atau Restart.

Setelah itu, HP akan mulai di restart. Tunggu hingga menyala kembali dan HP bisa digunakan seperti biasa.

Hapus Cache dan File Sampah

Selain memastikan penyimpanan tidak penuh dengan menghapus media tidak penting, cache dan file sampah juga perlu dihapus jika sudah menumpuk.

Cache dan file sampah yang sudah menumpuk membuat kinerja HP menurun dan membuatnya kurang responsif dalam menjalankan perintah.

Untuk menghapus file sampah, kamu bisa membuka aplikasi bawaan bernama Pengelola Telepon. Untuk menghapus cache, kamu bisa membuka pengaturan aplikasi untuk membuka penggunaan penyimpanan dan menghapus cache yang ada di setiap aplikasi.

Hindari Penggunaan Animasi dan Wallpaper Bergerak

Penggunaan animasi dan wallpaper bergerak sangat bisa membuat HP menjadi lemot. Pasalnya, animasi dan wallpaper tersebut mengkonsumsi banyak daya baterai dan menguras RAM.

Untuk mengatasi HP lemot, hindari penggunaan animasi dan gunakan wallpaper statis saja.

Update Versi UI

Memperbarui versi UI juga perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya lemot. Versi UI yang sudah usang mengakibatkan berbagai masalah muncul, seperti tidak bisa membuka beberapa aplikasi, lemot, dan permasalahan lainnya.

Hal tersebut dikarenakan versi UI yang belum diperbarui didalamnya terdapat bug, malware, bahkan virus yang mengganggu kinerja HP.

Kamu bisa mengupdate versi UI ke versi terbaru melalui Pengaturan HP.

Reset HP Realme

Jika beberapa metode tadi tidak bisa mengatasi HP Realme kamu yang lemot, metode terakhir yang bisa dicoba adalah melakukan reset.

Dengan mereset HP, akan mengembalikan perangkat ke pengaturan awal. Sehingga, semua data hingga bug, virus, dan lainnya dihapus secara permanen.

Reset atau reset factory membuat perangkat seperti pertama ketika keluar dari pabrik. Setelah mereset HP, kamu bisa menggunakan HP kembali dengan kinerja normal.

Akan tetapi, sebelum mereset HP, pastikan bahwa data penting sudah dialihkan ke penyimpanan lain atau sudah di backup agar tetap aman dan tidak ikut terhapus secara permanen ketika proses reset.

Reset HP Realme bisa dilakukan dengan mudah melalui menu Pengaturan atau Setelan.

BACA JUGA: Cara Membuat Bio di Facebook dengan Mudah dan Cepat Melalui HP

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi HP Realme lemot. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.