Categories: Tips & Trik

Cara Mengatasi HP Realme Cepat Panas, Cek Sekarang!

HP Realme kamu cepat panas? Ketahui cara mengatasi HP Realme cepat panas di bawah ini agar kerusakan tidak semakin parah.

Untuk mengatasi HP yang cepat panas, perlu menghindari faktor-faktor yang menyebabkan HP menjadi panas.

Banyak faktor yang membuat HP menjadi cepat panas. Kebanyakan diantaranya karena kebiasaan pengguna.

HP yang cepat panas umumnya berasal dari baterai. Baterai yang kesehatannya menurun, atau bahkan terjadi konslet sangat berpotensi menyebabkan HP cepat panas.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi jika HP sudah sering panas? Simak ulasannya berikut.

Cara Mengatasi HP Realme Cepat Panas

Berikan HP Waktu Istirahat

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi HP Realme cepat panas adalah dengan mengistirahatkan HP dari berbagai aktivitas.

Bisa dengan membatasi penggunaan, contohnya dengan mengurangi intensitas penggunaan bermain game, menonaktifkan sambungan internet, dan mendiamkan HP di tempat yang aman selama beberapa saat.

Dengan begitu, HP dengan sistemnya akan beristirahat sejenak dari kerja keras selama penggunaan. Hal tersebut akan mengurangi panas pada HP.

Selain itu, ada hal lain yang perlu diperhatikan agar HP tidak mengalami panas lagi. Berikut ulasannya.

Pakai Charger Original – Cara Mengatasi HP Realme Cepat Panas

Penggunaan charger HP sangat perlu diperhatikan. Pastikan setiap mengisi daya menggunakan charger original atau asli bawaan HP.

Charger bawaan tentu sudah disesuaikan dengan HP itu sendiri. Jika menggunakan charger lain atau bahkan charger KW, sangat berpotensi membuat HP cepat panas karena ketidaksesuaian antara charger dengan HP.

Selain timbul panas, penggunaan charger KW juga sangat beresiko, karena bisa membuat HP ngedrop bahkan muncul masalah serius lainnya.

Hindari Menggunakan HP Ketika Mengisi Daya

Selama proses pengisian daya, hindari menggunakan HP. Penggunaan HP ketika mengisi daya sangat membahayakan.

Bahaya bagi kesehatan baterai, serta pengguna itu sendiri.

Baterai bisa berumur pendek, karena cepat rusak yang ditandai dengan baterai boros dan HP cepat panas.

Untuk menghindari hal tersebut, alangkah lebih baik nonaktifkan HP ketika mengisi daya.

Jangan Mengisi Daya Terlalu Lama

Ketika HP dalam proses charging, pastikan selalu dipantau, agar ketika daya penuh pengisian bisa langsung diakhiri.

Pengisian daya disarankan dilakukan ketika daya HP tidak kurang dari 20% dan segera akhiri pengisian jika daya sudah mencapai 80%.

Jika beberapa hal tersebut sudah dilakukan, namun HP masih sering panas, cek kesehatan baterai HP secara mandiri dengan menyimak tutorial yang telah Hallo GSM buat sebelumnya.

Kamu juga bisa mengecek keadaan baterai dengan mengunjungi service center terdekat untuk memastikan penyebab HP selalu panas.

Sebelumnya, pastikan kapasitas RAM dan penyimpanan masih tersedia. Pasalnya, RAM atau penyimpanan yang penuh termasuk penyebab HP menjadi panas.

BACA JUGA: Cara Share Link Akun IG Melalui HP dengan Mudah, Cocok untuk Promosi!

Nah, itulah beberapa cara mengatasi HP Realme cepat panas yang bisa dilakukan dengan mudah. Pastikan ikuti panduan di atas untuk mengatasi HP cepat panas dan menghindari dari terulangnya kejadian HP panas.