Tips & Trik

Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam, Efektif dan Aman

HP kamu terasa panas berlebih? Ketahui cara mengatasi HP panas batre tanam yang dibahas pada artikel ini agar permasalahan cepat teratasi dengan tepat.

Produsen smartphone pada saat ini kebanyakan mengeluarkan HP dengan baterai non removable (tidak bisa dilepas) alias baterai tanam.

HP dengan pengaturan baterai tanam membuat perangkat lebih ringan dan tampil dengan desain ramping. Meski begitu, tidak selamanya baterai tanam akan bekerja terus menerus tanpa kendala.

Salah satu kendala yang umumnya terjadi pada HP adalah masalah overheat atau panas berlebih. HP bisa saja terasa panas, dan penanganannya agak sulit jika terjadi pada baterai tanam.

Seperti yang kita tahu, baterai merupakan salah satu komponen penting pada perangkat. Jika baterai tidak bekerja dengan optimal atau mengalami kerusakan, tentunya kinerja perangkat akan terganggu.

Permasalahan panas pada baterai jika dibiarkan begitu saja akan berakibat fatal.

Jika HP kamu dengan baterai tanam terasa panas, tenang saja, mengatasi HP panas dengan baterai tanam tidak serumit yang dibayangkan.

Perlu diperhatikan, HP panas harus segera diatasi, agar terhindar dari kerusakan yang berpotensi memakan banyak biaya.

Mengatasinya juga perlu langkah-langkah yang tepat agar prosesnya aman.

Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam

Tutup Aplikasi dan Hentikan Penggunaan HP

Ketika HP panas saat dalam penggunaan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menghentikan aktivitas pada HP.

Tutup aplikasi yang sedang digunakan serta matikan fitur yang tidak dipakai, seperti Bluetooth, dan fitur lainnya.

Letakkan HP di Tempat Aman dengan Suhu Normal

Setelah itu, simpan HP yang panas tersebut di tempat aman, berpermukaan datar, kering, dan memiliki suhu normal.

Hindari menyimpan HP pada perangkat lain yang mengeluarkan suhu tinggi, atau tempat yang terpapar sinar matahari/UV. Diamkan hingga suhu HP kembali normal atau menurun.

Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam dengan Mengaktifkan Mode Hemat Daya

Konsumsi daya berlebih menjadi salah satu penyebab HP panas. Untuk itu, sebisa mungkin pantau penggunaan baterai.

Jika HP boros baterai, kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan mode hemat baterai atau Battery Saving Mode yang hampir ada di semua smartphone.

Dengan mengaktifkan mode hemat baterai, penggunaan daya baterai pada HP akan lebih minim. Hal tersebut juga meminimalisir terjadinya HP panas karena baterai boros.

Restart HP

Setelah suhu HP normal atau menurun, lakukan restart agar kinerja perangkat di refresh dan perangkat kembali beroperasi dengan optimal.

Kamu bisa merestart HP Android dengan menekan tombol Power selama beberapa detik, kemudian pilih opsi Restart atau Mulai ulang.

Restart juga bisa dilakukan dengan menekan kombinasi tombol Power dan volume atas bersamaan, kemudian pilih opsi Restart.

Kosongkan Penyimpanan

HP panas juga bisa saja terjadi karena penyimpanan penuh. Cek sisa ruang kosong penyimpanan dan hapus file atau dokumen yang sudah tidak diperlukan lagi untuk memberi ruang bagi penyimpanan.

Jaga Kesehatan Baterai dengan Melakukan Perawatan yang Baik

Untuk menghindari HP panas karena kerusakan pada baterai, pastikan kamu menggunakan charger original, melakukan pengisian daya sebelum baterai 20% dan menghentikan pengisian setelah daya mencapai 80%.

Pastikan juga kamu tidak memakai HP ketika proses charging. Untuk memulihkan kinerja baterai, kamu juga bisa melakukan kalibrasi baterai.

Hindari Hal-hal yang Menyebabkan Baterai HP Cepat Panas

Hal-hal seperti HP terlalu lama digunakan untuk streaming, bermain game berjam-jam, serta aplikasi tidak diperbarui berpotensi membuat HP cepat panas.

BACA JUGA: Cara Cek Baterai Health OPPO untuk Memantau Performanya

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi HP panas batre tanam yang bisa kamu lakukan dengan mudah, aman, dan hasilnya efektif. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.