Tips & Trik

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Xiaomi, Mudah!

Aplikasi tidak bisa dipasang? Tenang saja, karena ada cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Xiaomi yang bisa dilakukan dengan mudah.

Seperti yang kita tahu, semua HP atau smartphone dilengkapi berbagai aplikasi didalamnya. Aplikasi-aplikasi tersebut hadir untuk memaksimalkan penggunaan HP.

Di zaman serba digital ini, banyak aplikasi baru yang diciptakan. Berbagai aplikasi penunjang aktivitas digital kini mudah untuk didapatkan.

Untuk pengguna Android, bisa mendapatkan aplikasi dari Google Play Store. Sementara pengguna iPhone, tersedia App Store untuk menginstal atau memasang aplikasi tambahan.

Bagi pengguna Xiaomi, yang mana menjalankan sistem operasi Android, telah tersedia toko aplikasi Google Play Store.

Di sana, terdapat berbagai aplikasi yang bisa diinstal dan ditambahkan ke HP. Seperti aplikasi e-wallet, pelayanan kesehatan, game, aplikasi edit foto/video, buku, dan masih banyak lagi.

Dalam proses pemasangan atau instal aplikasi, tak jarang pengguna Xiaomi yang mengeluhkan mengalami aplikasi tidak terpasang.

Perlu diketahui, bahwa banyak faktor yang menyebabkan aplikasi tidak bisa terpasang. Untuk mengetahuinya, pastikan simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Di bawah ini, Hallo GSM telah menyajikan tutorial untuk mengatasinya, lengkap dengan penyebab aplikasi tidak bisa dipasang di HP Xiaomi.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Xiaomi

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi tidak bisa dipasang.

Pastikan Jaringan Internet Stabil

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang adalah dengan mengecek apakah jaringan internet berkualitas baik atau tidak.

Untuk pemasangan aplikasi yang lancar dan berhasil, pastikan perangkat terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Dengan jaringan yang stabil, proses pemasangan atau install aplikasi akan lebih cepat dan terhindar dari kendala seperti proses terhenti, tertunda, atau mengulang dari awal terus menerus.

Agar jaringan bagus dan stabil, gunakan paket data yang banyak atau gunakan jaringan WiFi.

Setelah jaringan stabil, kamu bisa melanjutkan atau mengulangi proses download kembali.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Xiaomi dengan Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Aplikasi tidak terpasang bisa terjadi karena ruang penyimpanan yang penuh. Untuk itu, pastikan ruang penyimpanan HP Xiaomi tidak penuh agar bisa memasang aplikasi baru.

Untuk memberi ruang kosong bagi aplikasi baru, hapus file-file foto, video dan aplikasi yang sudah tidak penting atau sudah tidak digunakan.

Hapus juga file sampah yang biasanya sudah menumpuk. Setelah itu, coba pasang kembali aplikasi yang dimaksud.

Restart HP

Jika jaringan termasuk bagus dan ruang penyimpanan masih luas namun aplikasi masih tidak terpasang, cobalah melakukan restart (mulai ulang) HP.

Dengan restart HP, sistem pada HP akan di refresh dan kinerjanya akan dipulihkan.

Dengan kinerja yang optimal, penginstalan aplikasi yang mungkin terhalang oleh permasalahan sistem bisa kembali berjalan dan terpasang.

Untuk merestart HP Xiaomi, kamu bisa menekan kombinasi tombol Power dan volume atas secara bersamaan.

Setelah itu, klik menu Restart atau Mulai ulang. Setelah proses restart selesai, coba kembali pasang aplikasi yang dimaksud.

Cek Kompatibilitas Aplikasi

Kompatibilitas aplikasi dengan perangkat yang digunakan sangat berpengaruh pada suksesnya pemasangan aplikasi.

Untuk itu, pastikan versi aplikasi dengan HP yang digunakan kompatibel. Jika HP tidak kompatibel dengan aplikasi tersebut, otomatis aplikasi tidak akan bisa terpasang.

Di Play Store, kamu bisa mengecek kompatibilitas aplikasi HP yang digunakan pada detail aplikasi. Jika kompatibel, maka aplikasi bisa dipasang.

Aktifkan Opsi Sumber Tidak Dikenal

Metode terakhir yang bisa dilakukan adalah mengaktifkan opsi Sumber Tidak Dikenal. Dengan mengaktifkannya, perangkat diizinkan untuk menginstal aplikasi dari luar Google Play Store.

Kebanyakan kasus yang membuat aplikasi tidak bisa terpasang adalah aplikasi yang tidak bersumber dari Google Play Store.

Pasalnya, perangkat Android, termasuk Xiaomi perlu izin dari penggunanya untuk menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal.

Hal ini sebetulnya untuk melindungi HP dari aplikasi yang tidak jelas sumbernya dan terhindar dari virus.

Akan tetapi, jika ada aplikasi penting yang dibutuhkan namun dari sumber lain, kamu bisa mengaktifkan opsi Sumber Tidak Dikenal agar bisa memasang aplikasi tersebut.

Opsi tersebut bisa diaktifkan melalui Setelan perangkat.

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

Beberapa penyebab aplikasi tidak terpasang adalah sebagai berikut.

  • Jaringan tidak stabil.
  • Ruang penyimpanan tidak cukup.
  • Masalah pada sistem.
  • Aplikasi tidak kompatibel dengan HP.
  • Masalah izin penginstalan aplikasi dari sumber tidak dikenal.

BACA JUGA: Cara Menambahkan Link di Story IG, Mudah dan Praktis!

Nah, itulah cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Xiaomi dengan metode yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat.