Tips & Trik

Cara Mengaktifkan Play Store yang Dinonaktifkan di HP, Dijamin Berhasil!

Cara mengaktifkan Play Store yang dinonaktifkan penting untuk diketahui, karena ini akan sangat berguna ketika perlu menggunakan Google Play Store namun aplikasi masih dalam keadaan nonaktif.

Toko aplikasi andalan para pengguna Android, yakni Google Play Store sangat berperan penting dalam keoptimalan penggunaan smartphone.

Berbagai aplikasi penunjang keoptimalan penggunaan smartphone tersedia di Google Play Store. Mulai dari aplikasi online seperti musik atau lagu, buku, game, hingga aplikasi offline gratis juga tersedia di aplikasi besutan Google ini.

Pengguna Android seringkali mengandalkan Play Store untuk menginstal aplikasi baru yang dibutuhkan. Berbagai aplikasi tersebut, termasuk juga aplikasi editing foto dan video, pengingat, toko online, dan lainnya bisa diunduh dengan mudah.

Pentingnya aplikasi Google Play Store tentu akan menjadi masalah jika tiba-tiba tidak bisa digunakan karena aplikasi tidak aktif atau nonaktif.

Ketika hal itu terjadi, pengguna tidak akan bisa menginstal aplikasi baru atau sekedar mencari informasi seputar aplikasi di HP.

Untungnya, masalah ini bisa diatasi, yakni dengan mengaktifkan kembali aplikasi Google Play Store.

Hanya beberapa langkah saja, kamu bisa mengaktifkan kembali aplikasi Google Play Store yang dinonaktifkan, baik sengaja ataupun tidak.

Cara Mengaktifkan Play Store yang Dinonaktifkan

Berikut ini beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan Play Store yang dinonaktifkan. Pantau terus hingga tuntas untuk menemukan metode yang paling sesuai.

Kedua metode dibawah ini dilakukan melalui Pengaturan di HP Vivo dengan Funtouch OS 12. Mungkin perlu sedikit penyesuaian ketika mempraktikkannya.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak berikut ini langkah sederhana yang perlu kamu ikuti.

Buka Pengaturan HP

Langkah pertama, nyalakan HP kamu terlebih dahulu. Kemudian, buka Pengaturan

atau Settings. Bisa melalui home screen, daftar aplikasi, atau melalui control center.

Seperti biasa, setelah Pengaturan terbuka, kamu akan disuguhkan dengan berbagai kategori pengaturan untuk mengatur berbagai hal mengenai HP.

Klik Aplikasi – Cara Mengaktifkan Play Store yang Dinonaktifkan

Diantara beberapa kategori tersebut, pilih kategori Aplikasi.

Berikutnya, halaman baru akan muncul. Pada halaman tersebut, terdapat beberapa aplikasi yang baru saja dibuka, serta informasi umum mengenai aplikasi.

Langkah berikutnya, klik Lihat semua aplikasi. Nantinya, daftar aplikasi yang ada di HP kamu akan tampil.

Silahkan cari aplikasi Google Play Store.

Aktifkan Kembali Google Play Store

Untuk mengaktifkannya lagi, klik Google Play Store diantara daftar aplikasi tadi. Kemudian, kamu akan dialihkan ke halaman Info aplikasi.

Pada halaman tersebut, silahkan klik Aktifkan.

Setelah itu, otomatis aplikasi Google Play Store aktif kembali dan bisa digunakan lagi seperti biasa.

BACA JUGA: Cara Pin Pesan di Grup WA Terbaru, Bisa lebih dari Satu!

Itulah tata cara mengaktifkan Play Store yang dinonaktifkan dua metode mudah. Sekarang, giliran kamu mempraktikkannya. Semoga bermanfaat.