Tips & Trik

Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WA agar Pesan Otomatis Hilang

Cara mengaktifkan Pesan Sementara di WA bisa menjadi solusi ketika ingin mengelola banyak pesan di WhatsApp dengan lebih mudah.

Pesan Sementara merupakan fitur yang dapat menghilangkan pesan yang diterima maupun yang dikirim tanpa harus menghapusnya secara manual.

Sekarang ini, pastinya kita tahu bahwa sebagian besar pengguna gadget menggunakan aplikasi WhatsApp untuk menunjang kebutuhan komunikasi di setiap harinya.

Kebanyakan dari pengguna memanfaatkan aplikasi chatting ini untuk berkirim pesan teks. Bahkan, berdasarkan laporan, sekitar 100 miliar pesan dikirim oleh para pengguna WhatsApp setiap harinya.

Banyaknya pengguna dan seringnya penggunaan tentu membuat banyak pesan masuk dan keluar yang tersimpan pada aplikasi WhatsApp di perangkat masing-masing.

Tentunya tidak semua pesan harus disimpan selamanya. Tak jarang terdapat suatu chat dengan pengguna lain atau dengan grup yang isinya tidak terlalu penting.

Agar tampilan WA tetap rapi dan tidak menyianyiakan ruang penyimpanan, tentunya perlu pengelolaan pesan yang baik.

Satu-satunya cara untuk mengelola pesan di WA adalah memilah dan menghapus pesan yang sudah tidak dibutuhkan atau yang tidak terlalu penting.

Pengguna diberikan kemudahan untuk menghapus pesan di WA. Akan tetapi, tentu hal itu akan cukup merepotkan jika pengguna harus menghapus banyak pesan secara berkala.

Untungnya, kini WhatsApp memiliki sebuah fitur bernama Pesan Sementara yang membuat semua pesan di suatu chat menghilang setelah batas waktu yang ditentukan.

Hanya dengan mengaktifkan fitur Pesan Sementara, pesan yang ada di chat WhatsApp pengguna bisa dikelola dengan baik secara otomatis, tentunya tanpa perlu effort lebih untuk menghapus banyak pesan satu per satu.

Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WA

Mengaktifkan fitur Pesan Sementara bisa dilakukan dengan mudah. Agar lebih mudah lagi, kamu bisa mengikuti tutorial lengkapnya di bawah ini.

Berikut kami sajikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan fitur Pesan Sementara sebagaimana dilansir dari laman resmi Pusat Bantuan WhatsApp.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp yang biasa kamu gunakan.
  • Selanjutnya, buka chat room dengan pengguna lain atau suatu grup yang ingin kamu aktifkan fitur Pesan Sementara-nya.
  • Setelah chat room terbuka, klik nama kontak atau nama grup yang ada di bagian atas halaman.
  • Nantinya, informasi profil pengguna kontak WA tersebut akan ditampilkan.
  • Scroll halaman profil tersebut, kemudian klik menu Pesan Sementara.
  • Jika diminta, klik Lanjut.
  • Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke sebuah halaman.
  • Pada halaman tersebut, kamu bisa memilih timer pesan untuk memilih waktu yang diinginkan untuk menghilangkan pesan yang dikirim.
  • Kamu bisa memilih 24 jam, 7 hari, atau 90 hari.
  • Jika sudah memilih timer, hingga tahap ini fitur Pesan Sementara telah aktif dan setiap pesan yang dikirim maupun yang diterima akan menghilang dari chat room.

Perlu diketahui bahwa Pesan Sementara bisa diaktifkan atau dinonaktifkan oleh salah satu pengguna di chat individu dan oleh admin atau peserta grup yang diizinkan oleh admin grup.

BACA JUGA: Cara Ubah Nama Aplikasi di HP Realme Sesuai Keinginan Tanpa Aplikasi Tambahan

Nah, itu dia cara mengaktifkan Pesan Sementara di WA. Caranya sangat mudah, bukan? Pastikan ikuti setiap langkahnya. Semoga pembahasannya membantu kamu yang ingin lebih mudah mengelola setiap pesan yang ada di WhatsApp.