Tips & Trik

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi Serta Manfaatnya

Cara mengaktifkan Opsi pengembang Xiaomi perlu diketahui. Pasalnya, opsi ini tidak dimunculkan secara langsung seperti menu pada pengaturan lainnya.

Seperti namanya, Opsi pengembang sebenarnya dirancang bukan untuk semua pengguna. Opsi ini khusus dihadirkan untuk membantu para pengembang atau para teknisi dalam mengkonfigurasi sistem.

Opsi pengembang atau Developer options tersedia di berbagai ponsel Android, termasuk Xiaomi.

Selain untuk para pengembang dan juga teknisi, pengguna biasa juga bisa mengaktifkannya jika ingin melakukan hal yang membutuhkan akses khusus.

Misalnya saja, ketika perlu melakukan screen mirroring, mempercepat kinerja, mengaktifkan proses debug dengan USB, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan pengalaman efisiensi dan produktivitas perangkat yang lebih baik.

Terdapat banyak menu pada Opsi pengembang yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa dari banyaknya menu yang ada pada Opsi pengembang, terdapat menu yang justru akan menyebabkan kinerja HP Xiaomi dan juga aplikasi menjadi tidak normal seperti biasanya.

Untuk itu, Opsi pengembang direkomendasikan bagi teknisi atau pengembang saja.

Bagi kamu pengguna Xiaomi yang ingin mengetahui apa saja yang bisa dilakukan melalui Opsi Pengembang, atau perlu akses khusus, berikut ini Hallo GSM bagikan tutorial lengkapnya.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Untuk mengaktifkan Opsi pengembang, bisa dilakukan dengan mudah melalui menu Setelan. Meski begitu, ada cara khusus untuk mengaktifkannya, karena opsi ini tersembunyi.

Tutorial di bawah ini menggunakan HP Xiaomi Redmi dengan MIUI 13. Mungkin perlu sedikit penyesuaian dalam praktiknya jika kamu menggunakan HP Xiaomi dengan MIUI berbeda.

Buka Setelan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengaktifkan Opsi pengembang adalah membuka Setelan di HP Xiaomi kamu.

Setelah itu, klik kategori Tentang telepon. Nantinya, berbagai informasi mengenai HP Xiaomi yang kamu gunakan akan muncul. Diantaranya, nama perangkat, versi MIUI, kapasitas penyimpanan, versi MIUI, Versi Android, dan lainnya.

Klik Versi MIUI – Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Nah, untuk mengaktifkan opsi pengembang, klik menu Versi MIUI sebanyak 7 kali hingga muncul tulisan yang menyatakan bahwa Anda sekarang adalah seorang developer.

Aktifkan Opsi Pengembang

Setelah muncul pemberitahuan, otomatis Opsi pengembang sudah aktif. Untuk mengakses opsi pengembang, kembali ke Setelan, kemudian klik kategori Setelan tambahan.

Kemudian, scroll layar dan klik menu Opsi pengembang. Setelah itu, berbagai opsi pengembang akan muncul.

Gunakan opsi pengembang seperlunya. Jika sudah tidak dibutuhkan lagi, kamu bisa menonaktifkannya dengan menggeser toggle di samping menu Opsi pengembang ke kiri.

Manfaat Opsi Pengembang

Seperti disinggung di awal, Opsi pengembang memiliki banyak manfaat. Bisa dilihat dari banyaknya opsi yang bisa digunakan.

Opsi pengembang kebanyakan digunakan untuk tujuan debugging dan pengembangan aplikasi. Selain itu, opsi ini juga bisa digunakan untuk membuat layar terus menyala, menyimpan laporan bug, USB debugging, dan masih banyak yang lainnya.

Mengingatkan kembali, ketika opsi ini diaktifkan, kinerja dan aplikasi perangkat akan menjadi tidak normal. Untuk itu, selalu hati-hati dalam menggunakan opsi ini.

BACA JUGA: Cara Menampilkan Lokasi Pada Foto dengan Mudah Melalui Berbagai Metode

Sekian pembahasan mengenai cara mengaktifkan opsi pengembang Xiaomi. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.