Tips & Trik

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di HP Realme, Bisa Berubah Otomatis!

Ingin tampilan layar lebih redup ketika menggunakan HP? Tenang saja, karena ada cara mengaktifkan Mode Gelap di HP Realme yang bisa jadi solusinya.

Seperti yang kita tahu, HP Realme yang menjalankan sistem operasi Android memungkinkan penggunanya untuk mempersonalisasi tampilan.

Pengguna bisa mengatur tampilan HP menggunakan fitur yang ada sesuai keinginan. Bisa mengatur tampilan tema, widget, font, mengubah tata letak, dan lainnya, termasuk mengubah mode warna.

HP Realme dilengkapi dua mode tampilan layar, yakni Mode Terang dan Mode Gelap. Mode Terang memiliki tampilan terang dengan background putih.

Sementara Mode Gelap, sesuai namanya, tampilan HP berwarna gelap, yakni hitam.

Mode gelap banyak dipilih oleh pengguna yang merasa nyaman dengan tampilan HP yang tidak terlalu mencolok. Selain untuk kenyamanan mata, Mode Gelap juga diandalkan untuk menghemat baterai HP.

Untuk mengaktifkan Mode Gelap di HP Realme, caranya mudah.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap

Berikut ini beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan mode gelap di HP Realme. Simak terus hingga tuntas, ya!

Mode Gelap Manual

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengaktifkan mode gelap di HP Realme adalah membuka Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian, klik kategori Layar & kecerahan
    .
  • Pada halaman Layar & kecerahan, aktifkan Mode gelap dengan mengklik Mode gelap.
  • Setelah itu, tampilan layar HP Realme akan berubah menjadi gelap.

Jika ingin mengembalikan tampilan layar menjadi terang seperti semula, kamu bisa membuka pengaturan layar dan kecerahan seperti tadi dan klik Mode Terang.

Setelah itu, tampilan layar akan kembali terang dengan background berwarna putih.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap Secara Otomatis

Mode Gelap di HP Realme bisa diaktifkan dan dinonaktifkan secara otomatis, lho. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membuka pengaturan dan mengaktifkan serta menonaktifkan mode gelap.

Dengan mengaktifkan mode gelap otomatis, ketika waktu memasuki sore hari, maka HP otomatis akan beralih ke mode gelap. Di siang hari, tampilan layar akan kembali ke mode terang.

  • Caranya, buka Pengaturan di HP Realme.
  • Kemudian, klik kategori Layar & kecerahan.
  • Pada halaman selanjutnya, klik menu Beralih otomatis.
  • Setelah halaman Beralih otomatis terbuka, klik toggle switch yang ada di samping menu Beralih otomatis.
  • Selesai. Mode gelap otomatis telah diaktifkan.

Pada halaman Beralih otomatis, kamu juga bisa mengatur jadwal kapan mode gelap akan diaktifkan dan dinonaktifkan dengan memilih opsi Khusus dan atur jadwalnya.

Nantinya, tampilan layar HP akan berubah sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Perlu diketahui bahwa tutorial di atas menggunakan HP Realme dengan realme UI V3.0. Dalam praktiknya, mungkin perlu sedikit penyesuaian, terutama jika kamu menggunakan HP Realme dengan versi UI yang berbeda.

BACA JUGA: Cara Mengirim Foto Kualitas HD di WA, Praktis Tanpa Dijadikan Dokumen

Itu dia cara mengaktifkan mode gelap di HP Realme. Kamu bisa menggunakan metode pertama atau kedua sesuai keinginan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.