Tips & Trik

Cara Mengaktifkan Double Tap To Wake di HP Realme untuk Hidupkan Layar dengan Praktis

Ingin menghidupkan layar HP lebih praktis dan cepat? Kamu bisa melakukannya dengan cara mengaktifkan double tap to wake.

Fitur Double tap to wake alias Ketuk dua kali untuk membangunkan layar biasanya ada di setiap smartphone, termasuk HP Android merk Realme.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pengguna bisa menghidupkan layar hanya dengan mengetuk layar dua kali.

Selain lebih cepat dan praktis, pengguna juga bisa mengurangi penggunaan tombol Power dan meminimalisir terjadinya kerusakan tombol yang bisa terjadi akibat intensitas pemakaian yang tinggi.

Selain itu, penggunaan fitur Ketuk layar dua kali ini juga bisa jadi alternatif ketika tombol Power tidak berfungsi dengan normal atau bahkan sudah rusak.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu terlalu khawatir ketika tombol Power tidak bisa digunakan lagi. Pasalnya, ada cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan fungsi tombol Power.

Seperti screenshot tanpa tombol Power, restart, termasuk menghidupkan dan mematikan layar.

Untuk menghidupkan dan mematikan layar HP dengan mengetuk layar dua kali, bisa dilakukan dengan mudah.

Dengan beberapa langkah saja, kamu bisa menghidupkan atau mematikan layar dengan mengetuknya dua kali tanpa perlu mengklik tombol Power.

Penasaran dengan cara mengaktifkan fitur Double tap to wake? Berikut ini Hallo GSM bagikan tutorialnya. Pastikan simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Cara Mengaktifkan Double Tap To Wake

Kali ini, kami menggunakan HP Realme dengan Realme UI V.3.0. Mungkin perlu sedikit saja penyesuaian jika kamu menggunakan HP Realme atau merk lain dengan versi UI yang berbeda. Pastikan ikuti langkah demi langkangnya agar lebih mudah.

Buka Pengaturan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengaktifkan fitur Ketuk dua kali untuk membangunkan layar atau Double Tap To Wake adalah membuka Pengaturan atau Settings.

Kamu bisa mengakses pengaturan melalui Home screen atau dari bar notifikasi. Setelah membuka pengaturan, kamu akan disuguhkan dengan berbagai kategori pengaturan.

Klik Layar awal & Layar kunci – Cara Mengaktifkan Double Tap To Wake

Dari banyaknya kategori pengaturan yang tersedia, klik kategori Layar awal & Layar kunci.

Pada halaman Layar Awal & Layar Kunci, kamu akan kembali disuguhkan dengan berbagai menu yang bisa digunakan untuk mengatur layar awal dan layar kunci HP sesuai dengan keinginan.

Seperti mode layar awal, glance, gaya jam, pengisian ikon otomatis, ketuk dua kali untuk mengunci layar, dan masih banyak lagi.

Untuk mengaktifkan fitur ketuk dua kali, ikuti langkah selanjutnya.

Aktifkan Fitur

Untuk mengaktifkan fitur Double Tap To Wake, scroll atau gulir layar dan perhatikan pada bagian Layar Kunci.

Pada bagian tersebut, aktifkan fitur dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu Ketuk dua kali untuk membangunkan atau mematikan layar.

Setelah itu, kamu bisa mengetuk layar dua kali ketika layar mati untuk menghidupkannya kembali.

Kamu juga bisa mematikan atau mengunci layar dengan ketuk dua kali, namun perlu mengaktifkan fitur Ketuk dua kali untuk mengunci pada pengaturan Layar Awal & Layar Kunci.

Setelah fitur Ketuk dua kali untuk mengunci aktif, kamu bisa mematikan layar dengan mengetuk dua kali pada area yang kosong di Home screen atau layar awal.

BACA JUGA: Cara Menstabilkan Video yang Berguncang dengan Mudah Pakai HP

Nah, itulah cara mengaktifkan double tap to wake di HP Realme. Kini, menghidupkan dan mematikan layar HP bisa dilakukan dengan cepat dan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.