Tips & Trik

Cara Mencari Efek di TikTok untuk Video dan Foto, Gampang Banget!

Ingin menggunakan efek TikTok yang paling sesuai? Ikuti cara mencari efek di TikTok yang kami bahas pada artikel ini.

TikTok merupakan platform media sosial berbasis video yang populer, bahkan digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia.

Tak heran, karena platform ini menyuguhkan berbagai konten video pendek dari berbagai konten kreator serta dilengkapi fitur lainnya yang menarik, termasuk Filter Efek.

TikTok menyediakan berbagai efek dengan berbagai tema. Pengguna bisa mencari dan menggunakan efek untuk membuat video atau foto terlihat lebih unik dan kreatif.

Efek di TikTok bisa ditambahkan sebelum atau sesudah merekam video. Akan tetapi, ada beberapa efek yang hanya bisa digunakan sebelum merekam, dan sebaliknya.

Banyaknya pengguna TikTok juga membuat suatu efek menjadi viral. Keviralan tersebut tak jarang membuat pengguna lain juga ingin menggunakan efek yang sama.

Untuk menggunakan efek viral, tentu pengguna harus bisa mencari efeknya terlebih dahulu untuk kemudian digunakan di foto atau video yang akan diposting di TikTok.

Cara Mencari Efek di TikTok

Di bawah ini terdapat dua metode tutorial mencari efek di TikTok yang bisa dilakukan dengan mudah. Simak dan ikuti setiap langkahnya, ya!

Melalui Fitur Tambah Postingan

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah buka aplikasi TikTok

di perangkat yang kamu gunakan. Saat ini, kami menggunakan HP Android.

Setelah aplikasi terbuka, seperti biasa kamu akan disuguhkan dengan halaman Beranda berisi postingan-postingan pengguna TikTok.

Di halaman beranda TikTok, klik ikon Plus yang ada di bagian bawah. Setelah itu, kamu akan dialihkan ke sebuah halaman yang biasa digunakan untuk menambah postingan.

Pada halaman tersebut, kamera HP akan diaktifkan. Beri izin jika aplikasi meminta izin akses kamera. Setelah aplikasi diberi izin akses kamera, kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Untuk mencari efek yang sesuai di TikTok, silahkan klik Efek

yang ada di bagian kiri bawah.

Setelah mengklik Efek, berbagai efek yang tersedia di TikTok akan tampil. Kamu bisa scroll ke bawah atau klik tab tema efek untuk mencari yang paling sesuai dengan keinginan.

Untuk menggunakan filternya, klik efek yang dimaksud dan otomatis filternya diterapkan. Setelah itu, kamu bisa mengambil foto atau video dengan tambahan efek yang dipilih.

Cara Mencari Efek di TikTok via Fitur Search

Selain dengan cara tadi, kamu juga masih bisa mencari efek dengan fitur Search. Metode kedua ini khusus bagi kamu yang sudah tahu nama dari efek yang ingin digunakan.

  • Pertama-tama, buka aplikasi TikTok di HP kamu.
  • Pada halaman Beranda, klik fitur Search dengan ikon kaca pembesar.
  • Kemudian, ketik nama efek yang ingin kamu gunakan, lalu enter.
  • Nantinya, akan ada nama filter dan juga beberapa postingan pengguna lain yang juga menggunakan fitur tersebut.
  • Klik nama efek yang paling sesuai, kemudian klik Gunakan efek ini untuk membuat postingan dengan efek tersebut.

BACA JUGA: Cara Agar Facebook Tidak Terhubung dengan Instagram, Begini Langkahnya

Nah, itu dia cara mencari efek di TikTok. Caranya mudah, bukan? Semoga informasinya bermanfaat, sampai jumpa di tutorial berikutnya.